Mohon tunggu...
Andri Kurniawan
Andri Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

● Tulislah apa yang ingin kamu sampaikan selagi itu bermanfaat. Menulis itu hobi, mencurahkan pikiran dalam serangkaian kata. ● Politeknik Negeri Jember. Menempuh pendidikan D3-Manajemen Agribisnis 19 (2019-2022).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pikiran Cemas Badan Jadi Lemas

18 Juli 2021   15:55 Diperbarui: 18 Juli 2021   16:59 51 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pikiran Cemas Badan Jadi Lemas
Perempuan pengguna masker tampak pusing (sumber ilustrasi: hellosehat.com)


Saat ini, Indonesia sedang mengalami masa-masa sulit ditengah pandemi yang semakin meresahkan. Kematian terjadi dimana-mana, rumah sakit penuh, ketersediaan oksigen makin terbatas, belum lagi berita pro kontra mengenai penanganan covid-19 oleh pemerintah, ada yang bilang covid itu konspirasi, bisnis dan semacamnya.

Tentu dengan adanya hal tersebut membuat masyarakat menjadi terpecah belah dan saling menyalahkan satu sama lain. Selain itu, meningkatnya angka kematian, ppkm dengan segala yang terjadi, membuat masyarakat semakin cemas dan gelisah.


JANGAN TERLALU CEMAS
Tidak sedikit dari mereka yang mengalami down karena memikirkan semua yang terjadi. Terutama bagi para pekerja yang harus memutar otak untuk menekan pengeluaran. Kondisi ini dapat membebani pikiran akar dari kecemasan.

Menurut kesehatan, kecemasan yang berlebihan tidaklah baik bagi mental dan tubuh kita. Dimana kesehatan mental sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan sendiri merupakan sekumpulan sel yang berjumlah milyaran tersusun dalam organ tubuh yang berfungsi menjaga kesehatan, daya tahan dan kekebalan dari segala penyakit. Umumnya, kecemasan yang berlebihan akan membuat kita sakit kepala dan pusing, bahkan lebih dari itu.

Ketika kita sedang cemas, panik, dan gelisah, kemampuan sel darah putih (leukosit) dalam tubuh akan mengalami penurunan kinerja untuk melawan infeksi(limfosit) dari virus yang akan masuk pada tubuh kita. Penurunan kinerja sel darah putih akan membuat imun kita menurun, sehingga virus akan mudah masuk pada tubuh  dan menimbulkan penyakit. Awalnya badan akan lemas, kehilangan nafsu makan dan semakin parah bila tidak segera ditangani.

KEGIATAN POSITIF
Oleh karena itu, kita harus terus berfikir positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari, memang bila kita menilik keadaan saat ini, hal ini mudah dikata, namun sulit dilakukan, tapi apa kita ingin sakit, tentu tidak. Untuk menghilangkan rasa cemas tersebut, kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti:

1. Rutin Berolahraga
Dengan berolahraga secara rutin disekitar halaman rumah, seperti push up, back up, lari ditempat dan semacamnya dapat membakar energi dan meningkatkan imun, hal tersebut dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi
Tentu hal ini sudah jadi kewajiban bagi kita semua, dimana dengan mengonsumsi makanan minuman yang banyak mengandung protein, zat besi, karbohidrat, mineral dan berbagai vitamin seperti sayur, susu, dan ikan, akan meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk menangkal infeksi virus yang hendak masuk.

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Hal ini dapat kita lakukan dengan rutin membersihkan badan, rumah dan pekarangan sekitar, dengan keadaan yang bersih dan asri tentu tidak langsung akan membuat kita menjadi tenang dan menurunkan stres dan beban pikiran.

4. Memahami Penderitaan
Dimana setiap kehidupan pasti akan mengalami ujian, tidak ada hidup tanpa cobaan, seperti kata pepatah, hidup ini bagaikan roda berputar, adakalanya kita diatas atau dibawah. Patutnya kita sebagai manusia yang beragama, percaya bahwa ini adalah ujian dari Allah yang harus dihadapi dengan tenang dan tidak perlu cemas secara berlebihan, karena kita tidak menghadapinya sendiri, semua merasakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x