Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Follow me @dreandreu

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Perjalanan 75 Tahun Unimog "Si Gajah Kecil"

28 Maret 2021   23:30 Diperbarui: 30 Maret 2021   15:18 235 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perjalanan 75 Tahun Unimog "Si Gajah Kecil"
Mercedes Benz Unimog (1977) | FOTO: Steve Glover via Flickr.com

Bagi penggemar off-road atau kendaraan utilitas serba guna, pasti familiar dengan nama UNIMOG. Kendaraan Multi Purpose 4WD yang punya banyak varian serta konfigurasi body, engine, chassis dan under carriage yang disesuaikan untuk tujuannya. 

Kini memasuki tahun ke-75 sejak kiprahnya sebagai mobil pekerja perkebunan, Unimog telah banyak diandalkan untuk pekerjaan ekstrem seperti pemadaman api di hutan, pembersih salju di landasan pesawat terbang, infrastruktur, dan keperluan militer.

Tidak hanya sebagai pekerja, Unimog juga ikut berpartisipasi dalam Rally Dakar dan punya tempat di hati para penggemarnya, seperti aktor Arnold Schwarzenegger dan Dwayne Johnson.  

Nama Unimog awalnya merupakan singkatan dari "UNIversal-MOtor-Gert." Gert adalah kata dari Bahasa Jerman yang artinya adalah peralatan/perangkat/mesin/instrumen. 

Unimog 405 dan U 5000 memadamkan kebakaran/Mercedez Bens
Unimog 405 dan U 5000 memadamkan kebakaran/Mercedez Bens

Seorang Engineer asal Jerman bernama Hans Zabel, yang pertama kali mencatat nama "Universal-Motor-Gert" pada salah satu gambar teknik untuk Unimog hingga disingkat menjadi akronim "Unimog". Pada tanggal 20 November 1946, nama Unimog secara resmi diluncurkan.

Produksi Unimog dimulai pada tahun 1948 di Boehringer, Göppingen, Jerman. Albert Friedrich dan Heinrich Rler merupakan designer Unimog model pertama untuk penggunaan di bidang pertanian sebagai mesin penggerak mandiri yang mengaplikasikan PTO (Power Take-Off) untuk mengoperasikan gergaji atau mesin pemanen. 

Dengan sistem penggerak roda belakang yang switchable ke penggerak roda depan agar juga dapat dikendarai di jalan raya dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada traktor. 

Dengan ground clearance yang sangat tinggi dan rangka fleksibel yang pada dasarnya merupakan bagian dari suspensi, Unimogs tidak dirancang untuk membawa beban sebanyak truk biasa.

Awalnya, Unimog 70200 tradisional itu benar-benar difungsikan sebagai traktor pertanian yang agak kecil. Panjangnya hanya 3.520 mm dengan atap canvas, dan output tenaga mesin yang  tidak sampai 25 HP, membuat agak berat bagi Unimog model pertama itu untuk membawa banyak aplikasi.

Daimler-Benz mengambil alih produksi Unimog baru pada tahun 1951, dan pertama kali memproduksinya di pabrik milik Daimler-Benz di Gaggenau. Unimog dibuat dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, dengan kabin yang disesuaikan dan mesin yang lebih bertenaga hingga 34 HP. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x