Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Penantian Checo Setelah 9 Tahun dan Kelalaian Silver Arrows di Sakhir GP

12 Desember 2020   18:07 Diperbarui: 13 Desember 2020   03:25 183 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penantian Checo Setelah 9 Tahun dan Kelalaian Silver Arrows di Sakhir GP
Sergio (planetf1.com)

Entah apa ada yang di benak George Russel ketika Toto Wolf menghubunginya pukul dua pagi untuk mengajaknya naik Mercedes AMG Petronas W11 di Sakhir GP.

Beberapa hari sebelumnya Lewis Hamilton; driver andalan team ex- Brawn itu mengalami beberapa gejala Covid-19 dan terpaksa tidak bisa ikut berpartisipasi.

Sebelum banyak timbul spekulasi, dari markasnya di Brackley, Inggris, Team principals segera ambil langkah cepat dengan menentukan driver mana yang available. Bocah dua puluh dua tahun yang masih hijau namun punya attitude yang lumayan cool nampaknya cukup menjajikan dan bisa jadi driver sementara.

Timnya yang baru saja dibeli oleh Dorlington Capital bersedia meminjami George untuk satu seri  (atau dua, tergantung kondisi). Dan lagipula Mercedes AMG merupakan pemasok mesin Dorlington.

Hari Selasa pagi, lima hari sebelum Sakhir GP, George sudah berada di Brackley untuk "fitting" seat nya di dalam cockpit W11. Dengan tinggi lebih sedikit dari Lewis, para Engineer kudu men-design ulang seat dan posisi pedal agar ideal.

George Russell di dalam cockpit Mercedes-AMG Petronas W11 (planetf1.com)
George Russell di dalam cockpit Mercedes-AMG Petronas W11 (planetf1.com)
Seluruh mata pun menyorot sang driver cabutan Mercedes AMG Petronas tersebut. Banyak yang mendukungnya agar bisa jadi juara, namun ada juga yang nyinyir, merasa kenapa test drivers Esteban Gutierrez atau Stoffel Vandoorne yang diberi kesempatan.

Apapun itu, kini merupakan saatnya bagi George untuk mendulang point dan dengan sedikit nasib baik, ia bisa naik podium teratas di Bahrain. Bersama mobil dan team yang sudah berpengalaman juara dunia hingga tujuh delapan kali, hal itu mungkin sekali terjadi.

Tidak buang waktu, George segera membuktikan diri dengan menjadi yang tercepat pada dua practice session hari Jumat, di depan duo Red Bull;  Max Versttapen dan Alex Albon. Pada qualifying session; Valtteri Bottas dengan W11 bernomor 77 serta Verstappen bergantian mendominasi selama tiga sesi tersebut.

Pada detik-detik terakhir Bottas berhasil merebut Pole position dari Russel dengan selisih 0,026 detik. Verstappen di grid ke-3 dibayangi oleh Charles Leclerc dari Ferrari.

Musim 2020 cukup sulit bagi sang Cavalino Rampante; Scuderia Ferrari. Sebastian Vettel, sang juara dunia empat kali yang sudah duduk selama lima tahun di dalam cockpit team papan atas tersebut akan meninggalkan mereka dan bergabung dengan Aston Martin di 2021. Leclerc yang menjadi tumpuan hari Sabtu itu berhasil mendapatkan setting terbaiknya dan mendapati posisi-4 pada grid, sementara Vettel di posisi ke-13 di belakang Albon.

Bahrain International Circuit termpat perhelatan Sakhir GP 2020 merupakan Circuit F1 yang menggunakan konfigurasi outer ring (ring terluarnya sebagai jalur utama) untuk seri F1 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN