Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Car enthusiast

Husband of a caring wife, father of two, Life learner

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Kultur Modifikasi Mobil Japanese Domestic Market (JDM) Sesungguhnya

13 April 2020   02:08 Diperbarui: 14 April 2020   20:24 842 9 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kultur Modifikasi Mobil Japanese Domestic Market (JDM) Sesungguhnya
speedhunters.com by Paddy Mcgrath

Jepang merupakan salah satu negara yang banyak menciptakan mobil-mobil hebat. Toyota, Honda, Nissan, Mazda, Subaru, Mitsubishi merupakan sekian dari nama-nama besar di industri otomotif dan Motorsport dunia. 

Layaknya dunia fashion, music dan makanan, dunia motorsport Jepang juga menjadi kiblat bagi para pencinta mobil dan motor di dunia tak terkecuali di Indonesia.

Selain banyak digunakan sebagai kendaraan sehari-hari karena Mobil dengan merk dari Jepang lebih murah dan terjangkau dari sisi Unit kendaraannya sendiri dan Spare parts, kini Mobil Jepang jenis sedan, coupe, station wagon, sportscar dari tahun lawas hingga muda sangat digandrungi para Car enthusiasts di banyak negara; Amerika, Russia, Thailand hingga Indonesia. Istilah sederhana yang dikenal untuk mobil-mobil ini adalah JDM.

JDM adalah singkatan dari Japanese Domestic Market. Orang melihat jika mobilnya bermerk asal Jepang dan apalagi jika menganut gayanya yang aliran Jepang banget, maka itu disebut JDM. "Sudah JDM banget". Namun disini orang kerap salah pengertian.

flickr.com
flickr.com
Sesungguhnya JDM itu merupakan mobil yang dipakai di Jepang dengan segala parts nya disesuaikan dengan aturan berkendara dan market yang berlaku di Jepang. 

Berbeda dengan sebuah mobil Jepang yang di export ke daratan Amerika harus memiliki engine, posisi steering, safety features dan sebagainya yang sesuai dengan aturan dan market Amerika yang disebut dengan United States Domestic Market (USDM). 

Sebagai contoh; Honda CR-X di Jepang (JDM) menggunakan engine B16A1 1.6L DOHC VTEC bertenaga 150 HP, sementara yang di export ke Amerika (USDM) menggunakan engine D16A6 1.5L SOHC bertenaga 108 HP. Anda lebih suka yang mana?

hongliyangzhi.com
hongliyangzhi.com
Dulu semasa kuliah saya menggunakan sebuah Civic EF yang dikenal dengan sebutan "Grand Civic" di Indonesia. Mobil itu menyenangkan. Gesit, handling mantap, posisi nyetir enak banget. Engine nya sama seperti Civic LX; D15B6 1.5L SOHC. Karburator pula, bukan Injection. 

Coba bandingkan sama yang JDM; engine B16A 1.6L DOHC, MPi. Selain itu Civic EX JDM juga punya sunroof, Fog lamp, Disc brake belakang dan lain sebagainya.

Honda Civic EF Sedan
Honda Civic EF Sedan

Pada tahun 1988, mobil JDM dibatasi oleh kebijakan bersama yang disepakati antara para pabrikan menjadi 280 PS atau setara dengan 276 HP dengan batas kecepatan tertinggi 180 kph diberlakukan oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) demi keamanan berkendara. Hingga tahun 2004 batas Horsepower ditiadakan namun kecepatan tetap dibatasi 180 kph. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN