Mohon tunggu...
Andrean Maesa
Andrean Maesa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Saya adalah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Michael Foucault

1 Desember 2022   09:47 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:13 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Michel Foucault adalah seorang filsuf Prancis yang lahir di Poitiers pada 15 Oktober 1926. Foucault menerima diploma psikopatologi di Institut Psikologi di Paris 1952. Ia kemudian mengajar psikologi di Universitas Clermont-Ferrand dan menjadi dua tahun kemudian profesor filsafat. Foucault dikenal sebagai pemikir yang enggan terbungkus arus pikiran. Dia memiliki pengetahuan interpretasi yang unik Pengetahuan, seksualitas dan kekuasaan dan menyajikan banyak ide penting pada saat ini.

Hampir semua karya Foucault berhubungan dengan politik dan kekuasaan pusat gravitasi yang menurutnya kekuatan menyebar tanpa bisa melokalkannya. kekuatan" ada di mana-mana" dan datang "dari mana-mana". Itulah mengapa dikatakan bahwa kekuasaan ada di mana-mana dalam segala hubungan sosial mulai dari remaja, dewasa hingga pemuka agama. Kekuasaan bekerja sesuai dengan sifatnya yang produktif, dan tidak lain adalah miliknya Bekerja dalam hubungan pengetahuan dan institusi.

Ada hubungan antara kekuasaan dan kekuasaan Pengetahuan berarti adanya hubungan timbal balik antara kekuasaan dan pengetahuan, di mana kekuasaan diartikulasikan dalam pengetahuan dan sebaliknya. dari pikirannya Episteme berasal dari bahasa Yunani kuno, yang sepenuhnya didefinisikan oleh Foucault sendiri himpunan yang ada dan saling berhubungan dalam kurun waktu tertentu.

Era adalah menurut struktur mereka, homoseksualitas tidak tabu seperti pada zaman Yunani kuno, tetapi sekarang homoseksualitas adalah tabu, itu karena adanya episteme perbedaan ruang dan waktu. Karena setiap zaman memiliki kebenarannya sendiri Dalam contoh di atas, pengetahuan adalah sesuatu yang dapat terus dibicarakan, dan Tidak pernah definitif tidak berbanding lurus dengan kebenaran jika pengetahuan selalu demikian kemudian juga mengingkari kebenaran karena mereka berada dalam garis lurus bersama, yang tidak mungkin tapi Menurut Foucault, wacana adalah tulisan dalam suatu bidang yang memiliki teknik khusus seperti dunia kedokteran, yang tentunya hanya digunakan dalam bidang ini. Misalnya, wacana tentang kegilaan yang dihasilkan oleh psikiater, suka atau tidak suka, mereka juga mau. untuk membuat wacana normalisasi didefinisikan. 

Istilah-istilah teknis ini dapat mempengaruhi masyarakat dalam arti yang lebih luas. Kekuasaan mengabadikan dirinya sendiri dengan menyebar. Pada awalnya ada kekuatan pusat dan membangkitkan ketidaksukaan dan tersebar luas melalui pengesahan undang-undang Hukum tentang hak dan kewajiban antara rakyat dan raja. Kekuatan nyata dari waktu ke waktu mengatur segalanya dan menyebar luas sebagai "kenapa kita tidak berani Membunuh orang?" Jika Anda menjawab "takut akan hukuman negara", Anda bisa melihatnya The Force secara tidak sadar mengendalikan kita. Setelah penyebaran kekuasaan mengikuti hukum, pada langkah selanjutnya kekuatan dinaikkan Akhirnya kontrol administratif muncul, kemudian muncul biopolitik dan biopower di mana ada kekuasaan Berjuang itu sulit karena kamu tidak tahu siapa lawanmu. 

Kekuasaan dapat didisiplinkan adalah cara paling halus untuk mendisiplinkan tubuh di mana tubuh berada digunakan untuk melakukan sesuatu, tapi tubuhnya tidak bisa melakukannya tumbuh di tempat lain. Sebagai mekanisme kontrol panoptik, masyarakat modern sebenarnya dikendalikan oleh negara tetapi tidak disada

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun