SEMANGAT UNTUK BELAJAR
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG
Anditeis17@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan semangat belajar siswa. Penelitian dilakuakan pada siswa kelas V SD N 2 Remu kota sorong dengan menggunakan  metode penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan semangat belajar siswa secara signifikan. Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran, peningakatan motivasi belajar, dan peningkatan nilai tes. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kerja sama siswa.Â
Â
Pendahuluan
                        Pendidikan merupakan investasi janka panjang yang krusial bagi setiap individu. Melalui proses belajar, seseorang tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mengembankan potensi diri, memperluas wawasan, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan. Dalam konteks ini, semangat belajar atau motivasi belajar memegang peranan penting. Semangat belajar dan berkembang, Ia adalah bahan bakar yang membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan menyenankan, serta berdampak pada hasil belajar yang lebih optimal.
Â
Metode
                Untuk meningkatkan semangat belajar, ada beberapa metode yang bisa untuk diterapkan, baik dari sisi siswa maupun dari pihak guru. Metode -- metode ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, efektif, dan menyenankan.
- Metode Bagi  Siswa :