Mohon tunggu...
Andini Harsono
Andini Harsono Mohon Tunggu... Freelancer - Traveler - Blogger - Freelancer

Mengurai dunia dengan rasa, pikir dan syukur... Salam sastra Salam budaya Salam berkarya FB : Andini Harsono Twitter : @andiniharsono Instagram : @andini_harsono

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Apa Perubahanmu di Masa Pandemi?

2 Februari 2021   16:02 Diperbarui: 2 Februari 2021   16:06 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sedang belanja di minimarket/olah pribadi, sumber: medcom.id

Kalau dihitung-hitung sudah satu tahun kita menghadapi pandemi Covid-19. Awalnya pasti kaget ya, banyak yang berubah seperti, biasanya datang ke kantor sekarang disarankan kerja dari rumah saja. Biasanya pergi kemana-mana tanpa masker, sekarang wajib pakai banget pakai masker. Bahkan sekarang saya pun rajin memperhatikan orang-orang pada pakai masker jenis apa, motifnya apa dan segala macam assesoris masker tersebut hehe. Kalau sebelum ini rajin mencari wewangian baru untuk hand and body, kalau sekarang mencari varian baru untuk hand sanitizer. Dan masih banyak hal-hal sederhana yang (mungkin) tanpa kita sadari, ada perubahan.

Gaya hidup pasti juga mengalami perubahan. Kalau saya jadi rajin lap-lap benda yang akan disentuh, dan menerapkan begitu sampai rumah dari bepergian langsung mandi serta mencuci pakaian yang habis digunakan. Selain itu, jadi rajin mengkonsumsi makanan sehat, vitamin serta berolahraga. Alhamdulillah ya perubahannya sungguh berarti *senyumriang.

Perubahan yang paling terlihat adalah bagaimana kita mengatur keuangan.

Beberapa orang yang saya temui termasuk kawan baik saya, dan saudara saya mengatakan bahwa mereka saat ini benar-benar memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran. Apalagi ada yang sama seperti saya pekerjaannya sebagai freelancer yang terasa sekali dampak ekonominya.

Menbeli Barang Harga Diskon

Baik di e-commerce maupun di toko konvensional, tidak jarang melakukan diskon terhadap barang-barang yang dijualnya. Persaingan pasar. Tinggal kita sebagai konsumen harus cerdas memilih barang yang hendak dibeli, yang pasti kalau saya boleh sarankan, belilah sesuai dengan kebutuhan.

"Sekarang aku kalo masuk ke Indom**** kan suka ada tuh rak yang khusus barang-barang diskon, nah aku belok ke situ dulu, nyari apakah ada yang aku butuhkan. Kalau ada kan alhamdulillah banget hehe." cerita salah seorang kawan saya siang ini.

Tiba-tiba seorang kawan lainnya mengabarkan di whatsapp kalau dia habis beli sabun dan keperluan kamar mandi lainnya di salah satu e-commerce dengan harga diskon.

"Lumayan sis diskonnya, coba deh lu cek, ini linknya, barangkali lu butuh beli sabun kan hehe."

Jadi perubahannya yaitu sekarang lebih sering melihat harganya dulu baru dibeli barangnya, atau mudahnya bila hendak membeli suatu barang akan dibandingkan dulu harganya. Mana yang termurah apalagi ada diskon, itulah yang dibeli.

Mengutamakan Keperluan Sanitasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun