Mohon tunggu...
Andini Harsono
Andini Harsono Mohon Tunggu... Traveler - Blogger - Freelancer

Mengurai dunia dengan rasa, pikir dan syukur... Salam sastra Salam budaya Salam berkarya FB : Andini Harsono Twitter : @andiniharsono Instagram : @andini_harsono

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sudah Siapkah Jadi Ibu?

6 Juli 2020   20:12 Diperbarui: 6 Juli 2020   20:23 101 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Siapkah Jadi Ibu?
Ilustrasi Keluarga Bahagia. Foto dan design dari Canva oleh Andini Harsono

"Menikah bukan soal konsep pernikahan saja yang dipersiapkan, tapi mempersiapkan hati dan mental untuk menjadi seorang Ibu." -- Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi, Psikolog.

Saya setuju dengan quote dari Ibu Vera tersebut di atas bahwa pernikahan bukan soal konsep pernikahan yang harus dipersiapkan sebaik mungkin, tapi ada yang jauh lebih penting yaitu siapkan hati dan juga mental untuk menjadi seorang istri dan Ibu. Mungkin jadi istri semua orang bisa melakukannya, tapi untuk jadi Ibu, saya rasa harus benar-benar disiapkan.

Sudah siapkah jadi Ibu?

Sebagai seorang yang masih single, pertanyaan itu selalu menghantui saya. Kenapa? Bagi saya menjadi Ibu itu gampang-gampang susah. Konon, kesiapan jadi Ibu itu akan terjadi secara alamiah jika sudah menikah. Bahkan ketika tiba-tiba jadi Ibu pun, perempuan akan mengeluarkan sisi keibuannya (sebagai contoh kasus hamil di luar pernikahan yang sah). Tapi sebagai perempuan yang tinggal di Ibukota, saya rasa saya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar saya benar-benar siap untuk menjalani kehidupan baru sebagai seorang Ibu.

Salah satu caranya yaitu memperbanyak pengetahuan tentang asupan makanan yang baik untuk si calon anak mulai dari masih dalam kandungan hingga menghirup udara di dunia ini. 1000 hari masa hidupnya harus diperhatikan dan disiapkan sebaik mungkin karena hal ini berpengaruh pada masa depannya. Kecerdasan, perilaku, dan perkembangan spesifik lainnya akan dimulai sejak 1000 hari pertama hidupnya. Maka seorang Ibu harus memperhatikannya agar calon anak tidak mengalami masalah kesehatan seperti stunting.

Calon Ibu Perlu Gizi Lengkap Dan Seimbang

Dijelaskan oleh DR. dr. Tb. Rachmat Sentika SpA.MARS, dokter spesialis anak IDAI Banten bahwa sebagai calon Ibu memerlukan gizi lengkap dan seimbang seperti

Karbohidrat sebagai sumber energi : nasi, roti, gandum, tepung, ubi-ubian

Protein sebagai pembentukan jaringan dan pengganti bagian yang rusak : daging, ikan, susu, telur

Lemak diperlukan sedikit sebagai bantalan organ dan pelezat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x