Mohon tunggu...
Andika Tampubolon
Andika Tampubolon Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berkontribusi dalam Kegiatan Mengajar dengan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Dinamis

6 Desember 2023   09:31 Diperbarui: 6 Desember 2023   14:11 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi tim pengajar kelas 8G di SMP Negeri 4 Balige : Soraya Rumapea, Andika Tampubolon,Whisnu Saragih, Odelia Simanjuntak dan Marselino Tambunan

Tim Pengajar Whisnu Abraham Luciano Saragih memberikan penjelasan materi pembelajaran
Tim Pengajar Whisnu Abraham Luciano Saragih memberikan penjelasan materi pembelajaran "Definisi Himpunan" di kelas 8G SMP Negeri 4 Balige.

Tim Pengajar Soraya Medina Rumapea memberikan penjelasan materi pembelajaran
Tim Pengajar Soraya Medina Rumapea memberikan penjelasan materi pembelajaran "Gabungan" di kelas 8G SMP Negeri 4 Balige.
Tim Pengajar Odelia Josephine Simanjuntak memberikan penjelasan materi pembelajaran
Tim Pengajar Odelia Josephine Simanjuntak memberikan penjelasan materi pembelajaran "Irisan" di kelas 8G SMP Negeri 4 Balige.
Tim Pengajar Marselino Tambunan memberikan penjelasan materi pembelajaran
Tim Pengajar Marselino Tambunan memberikan penjelasan materi pembelajaran "Komplemen" di kelas 8G SMP Negeri 4 Balige.
Tim Pengajar Andika Parlinggoman Tampubolon memberikan penjelasan materi pelajaran
Tim Pengajar Andika Parlinggoman Tampubolon memberikan penjelasan materi pelajaran "Selisih dan Beda Setangkup" di kelas 8G SMP Negeri 4 Balige.
Sebagai garda terdepan dalam dunia pendidikan, peran pengajar tidak hanya sebatas menyampaikan pengetahuan, tetapi juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis. Dengan terlibat secara aktif dalam kegiatan mengajar, kita dapat membawa inovasi, semangat, dan kreativitas ke dalam kelas, menciptakan pengalaman belajar yang berkesan.

Menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Kita dapat menggunakan pendekatan interaktif yang mendorong partisipasi aktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, atau permainan edukatif. Dengan melibatkan siswa secara langsung, kita tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga merangsang pemikiran kritis dan kreativitas.  

Peserta Didik berperan aktif dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh Pengajar.
Peserta Didik berperan aktif dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh Pengajar.

Berperan dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis juga melibatkan kita sebagai fasilitator diskusi dan pemecahan masalah. Mengajak siswa untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan mencari solusi melalui kolaborasi membangun keterampilan yang diperlukan di dunia nyata. Kita dapat menciptakan suasana di mana siswa merasa nyaman untuk berpendapat dan berbagi ide, meningkatkan kualitas interaksi dalam kelas. 

Dalam lingkungan pembelajaran yang dinamis, evaluasi bukan hanya tentang memberikan nilai, tetapi juga memberikan umpan balik yang konstruktif. Kita dapat mengadopsi pendekatan evaluasi formatif yang membantu siswa memahami kekuatan dan area pengembangan mereka. Dengan memberikan umpan balik yang bersifat mendukung, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk terus berkembang dan meningkatkan kinerja mereka. 

Mengintegrasikan teknologi ke dalam kegiatan mengajar dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis. Penggunaan presentasi multimedia dapat memberikan variasi dalam metode pengajaran dan meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi pelajaran. Teknologi dapat menjadi alat untuk mengeksplorasi konsep secara lebih mendalam dan menarik.

Peserta Didik antusias mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Tim Pengajar.
Peserta Didik antusias mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Tim Pengajar.
Namun, tak jarang terjadi kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini terjadi karena letak pemahaman siswa tentang materi yang tergantung pada cara penyampaian pengajar. Hal inilah yang melatarbelakangi para mahasiswa yang beranggotakan Andika Parlinggoman Tampubolon, Marselino Tambunan, Odelia Josephine Simanjuntak, Whisnu Abraham Luciano Saragih dan Soraya Medina Rumapea dari prodi D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 2023 dari Institut Teknologi Del yang dibimbing oleh Ibu Sari Muthia Silalahi, S.Pd., M.Ed  untuk melakukan kegiatan pengajaran langsung terhadap beberapa siswa/i SMP Negeri 4 Balige dengan arahan dari Bapak Tumbur Tambunan M.Pd.K, sebagai guru di sekolah tersebut dan pengawasan Ibu Berliana Pasaribu S.Pd sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Balige.

Menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pengajar yang berperan aktif dalam kegiatan mengajar, dengan memanfaatkan berbagai metode dan teknologi, membuka pintu untuk penemuan, eksplorasi, dan kreativitas. Lingkungan pembelajaran yang dinamis bukan hanya tentang menyampaikan pengetahuan, tetapi juga tentang membentuk pemikiran kritis.

Dokumentasi Foto bersama antara Tim Pengajar dan Peserta Didik.
Dokumentasi Foto bersama antara Tim Pengajar dan Peserta Didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun