marketing, kadang-kadang dikenal sebagai pemasaran online. Ini terdiri dari pesan teks dan multimedia serta email, media sosial, dan iklan berbasis web sebagai saluran pemasaran.
Rowosari, Semarang (9/10/2022) – Promosi merek melalui internet dan saluran komunikasi digital lainnya dikenal sebagai digitalStrategi digital marketing memungkinkan Anda memanfaatkan saluran digital yang berbeda–seperti media sosial, bayar per klik, pengoptimalan mesin telusur, dan pemasaran email–untuk terhubung dengan pelanggan dan individu yang sudah ada yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Hasilnya, Anda dapat membangun merek, memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, mendatangkan calon pelanggan, dan banyak lagi.
Pada KKN Tematik, yang mana diselenggarakan oleh dosen pembimbing dari Fakultas Sains dan Matematika mengusung judul, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Implementasi Teknologi Hidroponik untuk Ketahanan Pangan”. Daerah yang menjadi tujuan adalah Kelurahan Rowosari yang terletak di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Batas wilayah Kelurahan Rowosari yaitu sebelah utara berbatasan dengan Desa Kebunbatur, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kalikayen, sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Meteseh, dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Banyumeng.
Dalam pelaksanaan KKN ini, telah dilakukan observasi untuk mengetahui permasalahan - permasalahan dan potensi yang ada di Kelurahan Rowosari, seperti minimnya edukasi tentang internet. Hal ini menyebabkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut kurang paham akan peluang bisnis dari pemasaran secara daring.
Ditambah rendahnya kualitas SDM tentu akan menimbulkan permasalahan yang lebih kompleks bagi Kelurahan Rowosari. Dari hasil observasi ini kemudian dibuat beberapa program kerja yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalah tersebut dan dapat meningkatkan potensinya, serta memberikan dampak positif di masyarakat.
Dunia saat ini telah mencapai era digital dimana hampir setiap orang memiliki smartphone dan dapat melakukan aktivitas apapun hanya dengan smartphone. Dalam lingkungan bisnis saat ini, Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) mungkin merasa lebih mudah untuk mengelola operasi mereka jika mereka secara eksklusif menggunakan HP.
Tren pemasaran bisnis telah berkembang dan merespons perubahan kemajuan teknis saat ini berkat pertumbuhan teknologi ini. Salah satunya adalah promosi produk di media sosial. Media sosial dapat membantu pelaku usaha menemukan pelanggan dan, tentu saja, menyampaikan informasi menarik kepada calon konsumen.
Selain itu, pemasangan poster informasi pinjaman online (Pinjol) ilegal ditargetkan di Kelurahan Rowosari yang mayoritas penduduknya adalah kelompok berpendapatan menengah kebawah.