Mohon tunggu...
Andika Arman Maulana
Andika Arman Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa STP Trisakti Penerima Beasiswa Unggulan

Mahasiswa STP Trisakti Penerima Beasiswa Unggulan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Garam dan Manfaat Baiknya

14 April 2021   05:45 Diperbarui: 14 April 2021   05:51 31 1 0 Mohon Tunggu...

Di dunia kuliner garam merupakan salah satu kunci dari citarasa yang di ciptakan oleh sang juru masak dan merupakan salah satu bahan utama dan terpenting dalam memasak. selain digunakan untuk memberi rasa pada makanan garam juga memiliki segudang manfaat yang sanggat di butuhkan oleh tubuh, tetapi garam yang di konsumsi harus memiliki takaran dan sesuai juga dengan jenis garam yang di gunakam, manfaat garam untuk kesehatan tubuh  merupakan : 

1. Melancarkan metabolisme

Garam dapat membantu dalam metabolisme tubuh, di karenakan kandungan mineral dan nutrisi yang terkandung pada garam yang membantu organ tubuh dalam mencerna dan menyerap air dalam sistem pencernaan.

2. Meringankan bronkitis dan masalah pernapasan lainnya

Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang di hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya.

3. Membuat rileks tubuh

Merendam tubuh pakai garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-oto Anda yang kaku, Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Mencegah hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air, untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tidak tercukupi kebutuhan garam, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

5. Membersihkan mulut

Manfaat garam untuk kesehatan ini bsia membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam. Caranya campurkan sendok teh garam dicampur secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkan dan menenangkan sakit pada gusi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x