Mohon tunggu...
Andi Josua Telaumbanua
Andi Josua Telaumbanua Mohon Tunggu... Blogger

Lahir disibolga dan menyelesaikan kuliah di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli jurusan pendidikan matematika. memiliki ketertarikan dibidang sejarah,pendidikan dan tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Burung Goreng, Menu yang Hanya Ada di Satu Rumah Makan Gunungsitoli

7 November 2019   07:03 Diperbarui: 7 November 2019   16:01 0 3 1 Mohon Tunggu...
Burung Goreng, Menu yang Hanya Ada di Satu Rumah Makan Gunungsitoli
dokpri

Rumah makan yang menyediakan menu burung goreng untuk wilayah pulau nias, memang masih terbilang sangat langka. Penyebabnya mungkin karena bahan utamanya yakni burung belum ada yang menyediakan di pulau nias, ditambah juga para pengemar makanan itu belum terlalu banyak.

Meski demikian, satu rumah makan yang ada di arah jalan menuju Kabupaten Nias Utara, tepatnya di Gamo, Kota Gunungsitoli menawarkan menu burung goreng. 

Rumah makan itu adalah RM Famili, jika dari pusat Kota Gunungsitoli berjarak sekitar 10 km ke arah utara, hanya beberapa meter dari jembatan gamo. Posisinya berada di samping jalan utama, sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Pemilik rumah makan tersebut mengaku burung goreng yang disediakan bahan utamanya didatangkan dari binjai dan jenis burungnya adalah burung puyuh. Sebelum digoreng, burung yang telah dibersikan di berikan bumbu terlebih dahulu. Sehingga hasil gorengan nantinya juga akan mengikutkan bumbu yang telah tergoreng juga.

Untuk menambah rasa daging burung goreng, juga diberikan sambal dan kecap hasil racikan mereka. Sehingga saat menikmatinya rasa pedas maupun manisnya memiliki khas tersendiri.

Saat sampai di tempat, seperti rumah makan pada umumnya tentu akan ditanya akan memesan apa, sebagai saran, jika hanya sendirian, pesanlah dengan sebutan jumlah ekor. Namun jika datang bersama teman dengan jumlah lebih dari 2 orang maka pesanlah dengan sebutan porsi. Karena 1 porsi berisi 5 ekor burung goreng.

Untuk harga, 1 ekor burung goreng seharga Rp. 20 Ribu dan satu porsi harganya tinggal di kali 5 menjari Rp. 110 Ribu. Harga tersebut belum termasuk nasi, karena nasi 1 piring seharga Rp. 5 ribu dan tambah nasi juga senilah harga nasi 1 piring. Untuk minuman Rumah makan ini menyediakan minuman seperti rumah makan pada umumnya, seperti jus maupun teh.

Selain menyediakan burung goreng, rumah makan ini juga menyediakan makanan berbahan ikan dan ayam. Sehingga ketika datang bersama kawan namun tidak ingin makan burung goreng, masih ada pilihan menu seperti Ayam Goreng maupun Ikan Bakar.

Rumah makan itu juga biasanya rame pada akhir minggu, jadi kalau mau pesanan cepat datang, baiknya datang makan selain hari sabtu dan minggu. Agar antrian pesanan tidak terlalu lama datang.

Ada pilihan makan ditempat lesehan, dengan pemandangan ke arah laut dan aliran sungai yang tepat di samping rumah makan itu. Meski rumah makan ini sangat dekat dengan jalan umum, tidak perlu kuatir jika datang bersama rombongan, karena telah tersedia tempat parkir yang luas.

dimuat juga di blog pribadi

KONTEN MENARIK LAINNYA
x