Mohon tunggu...
Andi Rouf Syaifulloh_PWK_UNEJ
Andi Rouf Syaifulloh_PWK_UNEJ Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Maen basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jadikan Perumahanmu Menjadi Tempat Ternyamanmu

5 Oktober 2022   22:42 Diperbarui: 5 Oktober 2022   22:44 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kota Banyuwangi - adalah kota yang berada pada ujung timur pulau jawa. kota ini memiliki banyak sekali desitnasi wisata yang ada disana, mulai dari daerah ke-maritiman sampai ke-agrarisan. pasalnya kota ini memiliki daerah yang mencakup mulai dari daerah dataran tinggi, sampai ke daerah dataran rendah hingga lautan. lautannya pun juga memiliki 3 macam laut berdasarkan pada posisinya. yaitu ada laut selatan yaitu samudra hindia, selat bali, dan juga pantai utara yaitu laut jawa.

jika kita lihat dari posisi ini saja, sebenarnya kita dapat menyimpulkan bahwasanya pada kota banyuwangi ini memiliki sangat banyak sekali keaneka ragaman destinasi. akan tetapi bukan hanya dari segi detinasi saja, bahkan dari segi adat istiadat pun juga sangat banyak dijumpai disana.

dengan banyaknya destinasi yang ada disana ini membuat banyak sekali para wisatawan yang ingin bertempat tinggal di banyuwangi, atau bahkan orang banyuwangi yang memang terkenal dengan ceweknya yang cantik cantik ini itu menikah dengan orang luar banyuwangi dan bertempat tinggal di banyuwangi. Hal ini sebenarnya juga termasuk salah satu aspek meningkatnya penduduk di kota banyuwangi.

Pertambahan penduduk.

Secara umum pertambahan penduduk adalah bertambahnya jumlah seluruh manusia atau warga yang bertempat tinggal pada suatu daerah tertentu atau yang berada pada suatu daerah. Pertambahan ini itu dipengaruhi dari dua faktor utama. Yaitu, ada faktor alamiah dan juga faktor migrasi. Pada faktor pertambahan alamiah itu memiliki pengertian bahwasanya pertambahan penduduknya itu berdasar pada lahirnya penduduk asli daerah tersebut. Dengan cara menghitung pertambahannya itu dengan menghitung jumlah penduduk lahirnya berapa, lalu di kurang dengan jumlah kematiannya berapa dalam jangka waktu yang terbatasi awal dan akhir.

Ada juga pertambahan migrasi. Secara umum, pertambahan migrasi ini dapat diartikan sebagai penduduk bukan asli dari daerah tersebut, lalu ia datang ke daerah tersebut dengan memiliki tujuan tertentu dan ia ingin bertempat tinggal di daerah itu. pertambahan penduduk secara migrasi ini dapat diukur pertambahannya dengan cara menghitung jumlah penduduk yang datang lalu dikurang dengan jumlah penduduk yang pergi dari daerah itu dala jangka waktu tertentu. Sebagai contoh itu seperti yang telah dijelaskan diatas.

padahal apabila kita lihat, bahwa apabila dalam suatu kota ini memiliki banyak penduduknya, maka kemungkina kota ini rusak itu sangatlah besar. maka dari itu, dengan adanya bertambahnya penduduk di kota banyuwangi ini, mereka sama di beri kefahaman tentang adat istiadat di banyuwangi yang mengenai dalam suatu sejarah di kota banyuwangi, sejarah pada desa yang mereka tinggali ataupun sejarah dari destinasi wisata disana.

mengapa kok di beri faham seperti itu?

karena dengan adanya kefahaman tentang jangan sampai merubah sejarah itu mereka akan selalu menjaga pada alamnya. dengan adanya seperti itu, alam akan terus terjaga pada era majunya zaman ini.

dengan bertambahnya penduduk, pasti harus ditambah juga pada kapasitasnya. Menambahnya kapasitas itu dapat terbentuk dari pemukiman atau dari perumahan.

Menurut undang-undang Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari pemukiman, baik perkotaan maupun pedesaan yang dilengkapi dengan sarana prasarana dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak untuk ditinggali. Rumah yang layak untuk ditinggali itu pasti harus mempertimbangkan aspek listrik, pajak bumi. Air, tempat pembuangan sementara, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kesejahteraan dari penduduk di perumahan itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan