Mohon tunggu...
ANDI SRI BINTANG
ANDI SRI BINTANG Mohon Tunggu... alumni mahasiswa double degree Brawijaya ekonomi pertanian dan Pingtung university science and technology Taiwan

Membaca dan menulis adalah hobi saya banyak tulisan-tulisan ilmiah yang saya buat pada saat kuliah akan tetapi setelah lulus kuliah saya jarang menulis oleh karena itu media ini untuk mengasah lagi tulisan-tulisan saya agar TERASAH

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Menyimpan Emas Itu Prospek?

14 Januari 2021   06:48 Diperbarui: 14 Januari 2021   06:59 51 0 0 Mohon Tunggu...

Emas biasanya identik oleh perihasan yang di pakai oleh kaum hawa perhiasan emas memang sangat di gandrungi oleh kaum-kaum hawa untuk menunjukan bahwa terlihat cantik atau biasanya kaya. Oleh sebab itu emas biasanya berupa cincin, kalung dll yang identik oleh kaum hawa. Ada juga yang di pakai untuk cincin nikah oleh laki- laki akan tetapi hanya berberapa orang karena untuk laki- laki emas memang tidak boleh di pakai. 

Biasanya emas memang untuk menunjukan status sosial orang tersebut semakin banyak orang tersebut menggunakan perhiasan emas semakin terlihat kaya karena memang emas memiliki harga yang cukup mahal. Biasanya yang menggunakan ini adalah ibu-ibu dengan terlihat mencolok entah itu gelang maupun kalung yang di pakainya.

Emas juga biasanya untuk acara- acara penting seperti mahar pernikahan dan  cincin untuk pertunangan maupun pernikahan, kado spesial, maupun untuk hadiah- hadiah untuk orang terkasih. Emas sendiri di Indonesia sudah lama terkenal dan banyak toko- toko yang menjual perhiasan emas ini mulai dari pasar tradisional hingga di mall- mall berbintang lima pasti kita jumpai toko --toko penjual emas. 

Ya memang emas merupakan alat untuk menunjukkan seseorang tersebut di akui kaya atau pun  biar cantik akan tetapi ternyata emas juga sekarang menjadi salah satu alat untuk menabung. Tapi apakah prospek menabung dengan membeli emas?

Menabung menggunakaan emas memang menguntungkan secara nilai  bukan secara angka. Pertama emas yang di tabung bukanlah emas perhiasan yang memiliki kadar hanya 0.001 mungkin yang beberapa sudah di campur kadar-kadar lainya jadi tidak murni emas. EMAS yang di maksud di sini adalah emas yang berbentuk kepingan atau batangan biasanya di sebut dengan logam mulia.  

Logam mulia biasanya berbentuk kotak seperti biskuit tapi versi sangat kecil atau berbentuk batangan yang biasanya kita lihat di acara- acara yang memberikan hadiah emas. Disini kita membahas emas yang kepingan karena hargnya memang cukup terjangkau dari pada emas batanganan.

Bagaimana emas menguntungan? Kita bahas macam --macam jenis emas kepingan . emas kepingan memiliki beberapa macam mulai dari 0.01 gr, 0.5gr , 1 gr, hingga 100 gr dengan kadar biasanya 99% asli 24 karat . Dengan banyaknya macam jadi kita bisa menetukan kesanggupan kita untuk ber-investasi emas sesuai keuangan kita tapi ingat investasi emas merupakan tabungan jangka panjang tidak bisa untuk jangka pendek. 

Perbedaan emas dengan perhiasan emas memang bisa dilihat dari bentuk dan fungsinya. Perhiasan emas berbentuk memang seperti cincin, kalung, dll yang memang biasanya untuk di tunjukkan untuk pamer  kalo logam mulia sesuai fungsi memang untuk di simpan jadi tidak bisa kita bawa kemana- mana.

Untung menabung emas atau sekarang kita sebut dengan logam mulia adalah dari nilainya sebagai perumpamaan anggap saja kita menabung logam mulia seharga 100 rb dengan kita menabung menggunakan uang 100 rb juga dan uang tersebut kita taruh biasanya di celengan atau bawah kasur bambu dll. 

Dua tahun kemudian kita ambil emas tersebut dan kita jual maka harganya mungkin sudah naik misal menjadi 120 ribu, jadi kita untung 20 ribu selama dua tahun akan tetapi jika menggunakan uang  100 rb  dua tahun kemudain tetap 100 rb tidak berubah bahkan merugi. Karena uang 100 rb dua tahun kedepan nilai belinya menjadi kecil dari pada dua hari ini gampangya kita sekarang bisa parkir sepeda motor 2 ribu dua tahun kedepan mungkin bisa 4 ribu karena uang memiliki tingkat inflasi atau kenaikan mata uang. Emas tidak memiliki inflasi malah emas memiliki tingkat harga jual yang tinggi setiap tahunnya.

Oleh karena itu menabung emas memang menguntungkan dari pada menabung uang karena nilai inflasi dan nilai jual emas tapi ingat emas yang di maksud adalah logam mulia bukan dari emas perhiasaan  jadi emas logam mulia sangat bisa dan cocok untuk menabung bagi semua orang kenapa saya bilang cocok untuk semua kalangan karena harganya bervariatif mulai kita bisa beli dengan harga nya sangat murah hingga dengan harga yang sangat mahal. Kesimpulannya ayo kita menabung menggunakan emas untuk jangka panjang ya rekanan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x