Mohon tunggu...
Andi Saddam Khusein
Andi Saddam Khusein Mohon Tunggu... Editor - Sahabat semua

Editor Pojokbekasi.com Blog pribadi saya http://andisaddam.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Memperkenalkan Bekasi Sepenuhnya

23 Oktober 2014   01:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:04 1108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption id="attachment_368248" align="aligncenter" width="614" caption="Kantor Bupati Bekasi yang terletak di Kota Deltamas, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi."][/caption]

Disini saya menulis tentang Bekasi. Judul Memperkenalkan Bekasi Sepenuhnya dipilih karena sebagian besar orang hanya mengenal Kota Bekasi. Sejatinya Bekasi adalah dua wilayah besar, yaitu Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. Dalam tulisan ini saya akan menitikberatkan pada Kabupaten Bekasi.

Seperti kita ketahui bersama, Bekasi sempat menjadi trending topic di dunia maya karena di-bully lewat meme yang bertebaran. Tapi meme tersebut justru seakan-akan diarahkan kepada Kota Bekasi saja, padahal Kabupaten Bekasi sebenarnya juga terkena sindiran yang ada pada meme tersebut.

Bekasi Raya, itulah istilah untuk menggambarkan kesatuan Bekasi: Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Jika Kota Bekasi yang dihuni 2,6 juta jiwa kebanyakan penduduknya hampir berkarakteristik masyarakat urban seperti Jakarta, berbeda dengan Kabupaten Bekasi yang masih menggambarkan sebuah masyarakat guyub. Budaya masih dijaga erat, pesona alamnya masih terjaga walaupun setiap harinya semakin terkubur pembangunan.

Kabupaten Bekasi terdiri dari 3 juta lebih penduduk. Terdiri dari 23 kecamatan dan 167 desa. Di Kabupaten Bekasi kebudayaan terpecah menjadi tiga, yaitu (1) komunitas Betawi yang menjadi mayoritas utara Kabupaten Bekasi, (2) komunitas Sunda yang mendiami selatan Kabupaten Bekasi dan (3) komunitas Banten yang berada di Kecamatan Sukatani. Kalau di Kota Bekasi, kebudayaan didominasi oleh Betawi. Kabupaten lebih heteroge, luas wilayahnya juga 5 kali lebih luas daripada kota.

[caption id="attachment_368251" align="aligncenter" width="614" caption="Dataran baru yang muncul pasca banjir di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi."]

14139170931167312018
14139170931167312018
[/caption]

Di Kabupaten Bekasi kita bisa menemukan laut, gunung, persawahan dan lanskap lainnya yang tidak terdapat di Kota Bekasi. Contoh saja, di Kabupaten Bekasi bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa, setidaknya ada tiga kecamatan yang berbatasan dengan laut: Babelan, Tarumajaya dan Muara Gembong. Lalu panorama pegunungan atau perbukitan dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti di Kecamatan Bojongmanggu, Serang Baru dan Cibarusah.

Hamparan sawah hampir bisa kita temukan di kabupaten ini. Contohnya di Pebayuran, kecamatan tersebut merupakan penghasil padi terbanyak di Kabupaten Bekasi. Masih ada kecamatan lain yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas seperti Tambun Utara, Cikarang Barat dan lainnya.

Bicara mengenai objek wisata, Kabupaten yang dipimpin Neneng Hasanah Yasin ini memiliki banyak potensi pariwisata. Pesisir utara Kabupaten Bekasi siap di-explore, namun entah kapan Pemkab Bekasi akan menggunakan potensi tersebut.

[caption id="attachment_368252" align="aligncenter" width="614" caption="Gedung Juang "]

14139172191300418012
14139172191300418012
[/caption]

Kiranya kawan ingin ke Bekasi ada Gedung Juang 45 di Tambun Selatan. Gedung itu dibangun 1901 dan menjadi banyak saksi sejarah. Tidak seru jika saya ceritakan di sini. Nanti akan saya buatkan post khusus di Kompasiana. Lalu ada Saung Ranggon atau sering disebut imah jangkung. Terletak di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Konon katanya saung ini dibuat oleh anak Fatahillah pada abad ke-16.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan