Mohon tunggu...
Worklife

5 Cara Mengoptimalkan Pencarian Lowongan Kerja Terbaru di Situs Pencarian Kerja

11 Maret 2019   22:59 Diperbarui: 11 Maret 2019   23:18 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era yang serba digital mempermudah kita dalam melakukan hampir semua jenis kegiatan. Termasuk juga dalam melakukan pencarian lowongan kerja terbaru. Dengan menggunakan situs pencarian kerja, Anda bisa memasukkan resume dan dengan otomatis tersambung ke semua jenis lowongan. 

Namun, di dalam situs pencarian kerja terdapat ribuan lowongan yang tersedia. Jadi bagaimana cara mengoptimalkannya agar Anda menemukan lowongan kerja terbaru yang Anda inginkan? Simak di bawah ini.

1. Buat Daftar Jenis Pekerjaan dan Perusahaan yang Diminati

Terdapat ribuan lowongan kerja terbaru setiap harinya di situs pencarian kerja. Untuk itu penting untuk Anda berfokus pada jenis pekerjaan apa yang Anda minati dan perusahaan mana yang ingin Anda targetkan. Anda mungkin bisa mulai dengan membuat 50 daftar jenis pekerjaan, jenis perusahaan dan lokasi pekerjaan. 

Membuat daftar juga mempermudah Anda untuk men-tracking lamaran Anda. Sehingga Anda dapat menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai dan menghindari melamar dua kali di perusahaan yang sama.

2. Sesuaikan Resume dengan Daftar Anda

Jika Anda sudah membuat daftar, Anda bisa mulai menyesuaikan resume Anda dengan daftar tersebut. Salah satu keuntungan mempunyai daftar pekerjaan tersebut juga adalah Anda dapat membuat beberapa resume sesuai dengan jenis-jenis perusahaan. Jadi Anda tidak harus membuat resume baru setiap kali melihat lowongan kerja terbaru. 

Tips yang bisa Anda gunakan dalam menyesuaikan resume adalah buat cover letter yang sesuai dengan kultur perusahaan yang Anda targetkan.  Dengan begitu Anda akan terlihat memang cocok dengan perusahaan tersebut.

3. Gunakan Aplikasi Pembuatan Resume

Dalam melakukan pencarian lowongan kerja terbaru di situs pencarian kerja, resume memang menjadi bahan penilaian penting. Karena perekrut tidak melihat Anda secara personal melainkan melakukan penilaian pertama berdasarkan resume. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja yang perlu ditambahkan dalam resume Anda.

Gunakan aplikasi pengecekan resume, gunanya untuk melihat nilai resume Anda. jika nilai resume Anda tinggi, kemungkinan perekrut akan melihat nilai yang sama. Aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Resunate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun