Boyolali, 27 September 2025 – Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui kegiatan Bhakti Akademisi kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung dunia pendidikan dasar melalui karya nyata mahasiswanya. Pada kesempatan ini, Anas Fadli Husein, mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), melaksanakan kegiatan bhakti akademisi di MI Muhammadiyah Randualas, yang beralamat di Randualas RT 07 RW 01, Pulutan, Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.
Dalam momen tersebut, Anas mempersembahkan karya inovatif berupa Puzzle Logo Sekolah MI Muhammadiyah Randualas, sebuah media pembelajaran yang sederhana namun sarat makna. Puzzle ini menampilkan logo resmi sekolah dalam bentuk potongan-potongan gambar yang dapat disusun kembali hingga menjadi utuh. Media ini bukan hanya permainan, melainkan juga sarana edukasi untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan siswa terhadap sekolah. Puzzle karya Anas memiliki fungsi ganda, yakni sebagai alat bermain sekaligus media belajar. Ketika siswa mencoba menyusun potongan-potongan puzzle, mereka tidak hanya berlatih menyatukan gambar, tetapi juga memperoleh pengalaman belajar yang:
- Menyenangkan dan interaktif, karena anak-anak bermain sambil belajar.
- Melatih keterampilan motorik halus, melalui aktivitas memegang, menyusun, dan menempatkan potongan puzzle pada tempat yang tepat.
- Mengasah konsentrasi, kesabaran, dan ketelitian siswa, karena mereka dituntut untuk fokus agar puzzle dapat tersusun sempurna.
- Menumbuhkan rasa cinta terhadap sekolah, sebab gambar yang mereka susun adalah logo identitas sekolah mereka sendiri.
- Membangun kebersamaan, terutama saat puzzle dimainkan bersama-sama di kelas.
Melalui puzzle ini, Anas ingin menghadirkan media pembelajaran yang dekat dengan kehidupan siswa dan mampu membuat suasana belajar lebih bermakna. Karya tersebut diterima langsung oleh Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Randualas, Bapak Anwar Huda, S.Pd. Beliau menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada mahasiswa UNNES atas kontribusi nyata yang diberikan.
“Kami sangat berterima kasih kepada Anas Fadli Husein atas karya puzzle yang diberikan. Puzzle ini bukan hanya sekadar permainan, melainkan juga memiliki nilai edukasi yang tinggi. Anak-anak bisa belajar mengenal identitas sekolah sekaligus merasa bangga menjadi bagian dari MI Muhammadiyah Randualas. Inovasi seperti ini sangat bermanfaat dan akan kami gunakan dalam pembelajaran sehari-hari,” ungkap Anwar Huda.
Tidak hanya kepala sekolah dan guru, para siswa pun tampak sangat antusias saat melihat puzzle tersebut untuk pertama kalinya. Beberapa siswa bahkan langsung mencoba menyusunnya bersama teman-teman mereka. Suasana kelas pun dipenuhi rasa ingin tahu dan keceriaan. Seorang siswa dengan polos bertanya kepada Anas sambil tersenyum, “Mas, ini apa ya kok bagus banget? Gambarnya sekolah kita ya, Mas?” Pertanyaan sederhana itu mencerminkan rasa kagum dan bangga yang dirasakan siswa ketika menyadari bahwa gambar puzzle tersebut adalah logo sekolah mereka sendiri. Kekaguman siswa ini menjadi bukti bahwa karya sederhana bisa memberikan kesan mendalam, sekaligus menumbuhkan semangat baru dalam belajar.
Sebagai pencipta karya, Anas Fadli Husein mengungkapkan bahwa puzzle ini merupakan bentuk nyata dari implementasi ilmu yang diperoleh selama kuliah di PGSD UNNES. Ia menekankan pentingnya menghadirkan media pembelajaran yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menyenangkan dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.
“Saya ingin anak-anak MI Muhammadiyah Randualas merasa senang saat belajar. Puzzle ini saya buat agar mereka bisa bermain sambil mengenal lebih dalam identitas sekolahnya. Harapannya, dari permainan sederhana ini akan tumbuh rasa cinta dan kebanggaan terhadap sekolah mereka. Selain itu, siswa juga bisa berlatih konsentrasi, ketelitian, dan keterampilan motoriknya,” ujar Anas.
Kegiatan Bhakti Akademisi ini merupakan wujud nyata pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk turun langsung ke masyarakat, berinteraksi dengan siswa, guru, dan kepala sekolah, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan. Puzzle Logo Sekolah MI Muhammadiyah Randualas ini diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus menghadirkan inovasi sederhana namun berdampak besar. Kehadiran karya seperti ini menegaskan bahwa mahasiswa memiliki peran penting dalam memperkaya metode pembelajaran di sekolah dasar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI