Mohon tunggu...
Ananda Vania Putri
Ananda Vania Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UPNVYK

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UPNVYK

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

ACT Indonesia: Peluang Bagi Optimalisasi Diplomasi Kemanusiaan RI

23 Mei 2022   18:15 Diperbarui: 26 Oktober 2022   23:21 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: instagram/actforhumanity

Banyaknya isu bencana kemanusiaan dan pelanggaran HAM yang terjadi di dunia, membuat negara-negara di dunia mulai gencar memasukan diplomasi kemanusiaan dalam fokus agenda diplomasi mereka. 

Dalam diplomasi kemanusiaan, akktor non-negara memiliki peran yang sangat signifikan dengan secara aktif bekerja sama bersama pemerintah dalam upaya menyediakan layanan dan bantuan kemanusiaan. 

Di tengah banyaknya isu dan bencana kemanusiaan yang terjadi di dunia, diplomasi kemanusiaan menjadi penting untuk dilibatkan dalam agenda diplomasi internasional, tak terkecuali bagi perjalanan diplomasi Indonesia.

Dalam konteks politik luar negeri Indonesia, pemerintah Indonesia menjadikan diplomasi kemanusiaan sebagai salah satu fokus utama selain diplomasi perdamaian. Pemerintah Indonesia terus berupaya mengukuhkan posisi Indonesia dalam membantu para korban krisis kemanusiaan di dunia melalui diplomasi kemanusiaan. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan bagaimana diplomasi kemanusiaan Indonesia tidak hanya terbatas pada peran pemerintah yang mana juga diperlukan keterlibatan aktor-aktor lainnya dari seluruh elemen bangsa. Banyak aktor yang terlibat dalam menangani bercana kemanusiaan tak terkecuali aktor non-negara. Salah satu contohnya yakni Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indoneisa.

ACT merupakan lembaga filantropi global yang salah satu fokus mereka yaitu mengenai isu penanganan bencana kemanusiaan melalui berbagai macam program kemanusiaan. 

Program Sister Family Indonesia, Dapur Umum Indonesia, Klinik Indonesia, Community Shelter, Global Wakaf (Sumur Wakaf, Wakaf Kapal Ikan, hingga Wakaf Modal Usaha), Armada kemanusiaan (Humanity Water Tank, Humanity Food Truck, Ambulans Dermawan Indonesia pre-hospital, dan Bus Sekolah Dermawan) menjadi program andalan ACT dalam membantu menangani bencana kemanusiaan internasional.

Gambar: instagram/actforhumanity
Gambar: instagram/actforhumanity

Keberadaan ACT menunjukan bahwa aktor non-negara berkontribusi dalam mewujudkan dan memperjuangkan HAM melalui diplomasi kemanusiaan. ACT juga merupakan instrumen penting bagi kebijakan pemerintah untuk tercapainya diplomasi kemanusiaan RI. 

ACT bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam mewujudkan diplomasi kemanusiaan Indonesia untuk membantu para korban bencana kemanusiaanyang demi tercapainya penghormatan terhadap prinsip-prinsip dasar kemanusiaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun