Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Saka Wira Kartika Koramil 0815/08 Dawarblandong Digembleng Pelatihan Tanggap Bencana

21 Januari 2019   20:58 Diperbarui: 21 Januari 2019   21:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Saka Wira Kartika Koramil 0815/08 Dawarblandong Digembleng Pelatihan Tanggap Bencana
Anggota Saka Wira Kartika Saat Menerima Materi Krida

Mojokerto, - Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto menutup kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Perekrutan Anggota Baru (PAB) Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/08 di Makoramil 0815/08 Desa Pulorejo Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (20/01/2018).

Kegiatan Diklat Angkatan Ke-5 Tahun 2019 sejatinya mulai berlangsung sejak Sabtu (19/01) dan diikuti sejumlah 45 orang anggota baru SWK terdiri dari 23 orang putra dan 22 putri, yang berasal dari SMAN 1 Dawarblandong, SMKN 1 Jetis, SMK Nasional Dawarblandong, MA Al-Fatah dan MA Miftahul Ulum Dawarblandong.

Selama Diklat tersebut, anggota baru Saka Wira Kartika menerima pembekalan materi Lima Krida yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival, dan Krida Penangulangan Bencana Alam. Selain itu anggota SWK juga menerima materi Bela Negara.

Anggota Saka Wira Kartika Saat Menerima Materi Krida
Anggota Saka Wira Kartika Saat Menerima Materi Krida
Dalam Diklat PAB Saka Wira Kartika kali ini, melibatkan UPT Puskesmas Dawarblandong dalam mengisi materi Penangulangan Bencana Alam khususnya dalam penanganan awal korban bencana yang memerlukan pertolongan segera.

"Pendidikan dan latihan Saka Wira Kartika ini merupakan salah satu upaya pembinaan pendidikan bela negara dalam membentuk kader generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa guna menjaga Keutuhan NKRI", demikian diungkapkan Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Kasim saat upacara penutupan.

Masih kata Danramil, meskipun dalam pelaksanaan Diklat ini masih terdapat kekurangan dari alat peralatan dan sarana prasarana namun dapat diupayakan berlangsung maksimal.  Kegiatan Kepramukaan ini tidak hanya terbatas pada Diklat PAB namun akan terus berlanjut dengan kegiatan berikutnya yang harus ditempuh adik-adik Pramuka.

Anggota Saka Wira Kartika Saat Menerima Materi Krida Penanggulangan Bencana Alam
Anggota Saka Wira Kartika Saat Menerima Materi Krida Penanggulangan Bencana Alam
Sekarang musim hujan, lanjut Danramil, di wilayah Dawarblandong ada wilayah yang rutin tekena bencana banjir akibat lupan Kali Lamong yaitu Dusun Balong Desa Banyulegi.  Kita berdo'a semoga banjir kiriman ini tidak terjadi lagi, namun bila hal itu terjadi adik-adik Saka Wira Kartika harus ikut terjun dalam membantu penanggulangan bencana banjir tersebut.

Turut serta dalam kegiatan antara lain Kepala UPT Puskesmas Dawarblandong Ninik Munawati, STr. Keb beserta 5 orang Staf, Anggota Koramil 0815/08 selaku Pamong dan Pembina serta Anggota Saka Wira Kartika selaku peserta Diklat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x