Ana Mega
Ana Mega

Assalammu'alaykum, hello guys ! I'm a student and I learnto be a good listener. Like to write and share. I hope everyone can enjoy with my article. Find me in : https://anamegaa.blogspot.co.id/ Happy Reading All

Selanjutnya

Tutup

Energi

Mengenal IATMI SM-STEM Akamigas

24 Maret 2018   16:16 Diperbarui: 24 Maret 2018   16:19 395 0 0
Mengenal IATMI SM-STEM Akamigas
IATMI SM-STEM Akamigas (https://iatmismstem.or.id)

Inmillenium generation, berorganisasi sangat penting bagi mahasiswa karena dengan berorganisasi mahasiswa bisa melatih softskill mereka dalam berhubungan menjalin relasi denganberbagai pihak, menjadi open minded, belajar untuk bisa mengungkapkan dan menerima pendapat satu dengan yang lainnya dan lain sebagainya. Untuk itu, sekarang ini sudah banyak organisasi keprofesian di universitas dan sekolah kedinasan yang berkembang dan menjadi sarana bagi mahasiswanya untuk lebih maju.

Seperti di dunia perminyakan sendiri terdapat 2 organisasi besar keprofesian diantaranya IATMI (Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia) dan SPE (Society of Petroleum Engineers). Kedua organisasi tersebut adalah organisasi keprofesian dibidang perminyakan.

IATMI sendiri singkatan dari Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia dimana organisasi ini adalah organisasi non profit yang telah berdiri sejak 7 Juni 1979 pelopornya adalah sekelompok orang yang berkecimpung di dunia perminyakan dan geothermal.

IATMI SM-STEM Akamigas Cepu merupakan Seksi Mahasiswa IATMI ke-14 yang terbentuk setelah Akamigas Balongan Indramayu, Institute Teknologi Bandung, Insitute Teknologi & Sains Bandung, politeknik Akamigas Palembang, STT Migas Balikpapan, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, Universitas Papua, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Proklamasi '45, Universitas Sriwijaya, dam Universitas Trisakti.

Peresmian dan pengukuhan  IATMI SM STEM Akamigas Cepu sesuai dengan Keputusan Ketua Umum pengurus IATMI Pusat Nomor : 055/SK/IATMI/XI/2016 Tentang Pengukuhan Pengurus Seksi Mahasiswa IATMI STEM Akamigas Cepu. Pada acara ini, STEM Akamigas Cepu diwakili oleh Kepala Prodi Teknik Produksi Migas, Ir. Bambang Yudho Suranta, M.T. dan beberapa pengurus IATMI SM-STEM Akamigas Cepu.

Dalam struktur keorganisasiannya, IATMI SM- STEM Akamigas Cepu ini terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua, Sekretaris 1 dan 2, Bendahara 1 dan 2, dan beberapa divisi yaitu Divisi Event, Divisi Education, Divisi Research and Development, Divisi Human Resources, Divisi Public Relation, Divisi Bussiness Development, dan Divisi Media  Creative. Mereka semua memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Dalam perjalanannya, IATMI SM-STEM Akamigas Cepu sudah melakukan beberapa kegiatan diantaranya :

saat Guest Lecture (https://iatmismstem.or.id )
saat Guest Lecture (https://iatmismstem.or.id )

  • Guest lecture dengan pembicara Bapak Slamet riyadi, S.T., M.Eng., beliau adalah Manager Maintenance PT Geo Cepu Indonesia.

saat Paper Training (dok. pribadi)
saat Paper Training (dok. pribadi)

  • Paper training dengan pembicara Ricky Aditya Fandi, S.T., beliau adalah seorang alumni ITB yang sudah menjuarai paper competition diberbagai lomba.
  • Grand Seminar Derrick dengan gabungan bersama dengan SPE SC-STEM dan Hima Eksplorasi Produksi STEM Akamigas Cepu.

saat company visit di Exxon Mobil Cepu Ltd. (https://iatmismstem.or.id)
saat company visit di Exxon Mobil Cepu Ltd. (https://iatmismstem.or.id)

  • Company visit dimana berkunjung ke salah satu perusahaan minyak yaitu Exxon Mobil Cepu Ltd.
  • Internal Smart Competition 2017 bersama dengan Hima Eksplorasi Produksi STEM Akamigas Cepu.
  • Oil Rig Design Workshop

saat Design Club (https://iatmismstem.or.id)
saat Design Club (https://iatmismstem.or.id)
Serta masih ada beberapa kegiatan lainnya. Kegiatan atau informasi terkait dengan IATMI SM-STEM Akamigas Cepu dapat dilihat di website : https://iatmismstem.or.id atau di akun instagram : @iatmismstemcepu. Selain kegiatan juga terdapat informasi ter-update terkait dunia perminyakan dan isu global lainnya.

Dengan mengikuti organisasi IATMI ini, saya (mahasiswa) belajar banyak hal untuk melatih softskillsaya sebagai bekal kita bekerja di dunia nantinya. Keberadaan organisasi keprofesian sangat penting bagi mahasiwa sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang siap bekerja dan siap dalam menghadapi berbagai isu dibidangnya masing-masing.

Dalam hal ini IATMI SM-STEM sedikit banyak sudah memberikan beberapa gambaran bagi saya khususnya sebagai seorang mahasiswa dalam memahami dunia kerja dan hiruk pikuknya. Selain itu, melatih dalam beberapa hal tentang tanggung jawab dan disiplin waktu. Karena di IATMI SM-STEM ini setiap kali terlambat dalam mengikuti pertemuan maka akan didenda.

Hal tersebut memberikan dampak positif untuk mahasiswa dalam mengatur waktu, karena kebiasaan sebagai orang Indonesia adalah jam karet dimana dalam sebuah pertemuan harus ada jeda paling tidak 30 menit dari waktu yang sudah ditentukan untuk bisa memulai pertemuan tersebut. Ini merupakan salah satu kebiasaan kecil sebagai cara untuk menghentikan jam karet yang sudah menjadi tradisi turun temurun anak bangsa ini.

Berawal dari kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut kita bisa menerapkannya menjadi kebiasaan besar yang akan dibawa di dunia kerja. Karena hal-hal yang besar dimulai dari kebiasaan kecil yang tidak kita sadari sebelumnya.

Hal menarik lainnya jika kita mengikuti organisasi ini adalah kita bisa bertukar informasi dengan universitas lainnya tentang banyak hal. Hal ini bisa meningkatkan relasi dan juga mengembangkan sumber daya manusia dari mahasiswa itu sendiri.

Selain itu, kita juga belajar arti kebersamaan (jiwa korsa) dalam sebuah organisasi yang kelak akan diperlukan jika kita kerja dalam sebuah tim. Bagaimana agar tetap solid dan saling membantu satu dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Oleh : Ana Mega

Referensi :