Mohon tunggu...
AmYu Sulistyo
AmYu Sulistyo Mohon Tunggu...

@amyu12 || Ambar Sulistyo Ayu || Seorang Calon Perencana yang Real akan merealisasikan rencana membuat Kota Impian dunia || T.PWK Undip 2012 || Project taker

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cerita di Balik Demo Taksi dan Meme Uang 1000 Rupiah

10 Juni 2016   22:36 Diperbarui: 10 Juni 2016   22:42 94 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cerita di Balik Demo Taksi dan Meme Uang 1000 Rupiah
www.pulsk.com

Masih ingat Demo besar-besaran antara Taksi konvensional VS Ojek Online. Saya yang kepo dengan Sopir Blue Bird saat saya ke Jakarta Pasca Demo berlangsung beberapa waktu lalu. Saya masih ingat atas slogan di Meme lain "Blue Bird is Angry Bird". Tentu saja sangat lucu dan menggelitik hati. Namun ada baiknya kita telusuri apa sih yang sebenarnya terjadi (berdasarkan wawancara saya dengan Supir Blue Bird Jakarta, sebut saja namanya Bambang)

FERI YANTO si provokator tidak bawa celurit dan parang saat demo.

https://m.tempo.co/read/news/2016/03/24/064756650/blue-bird-belum-beri-sanksi-buat-sopir-feri-yanto
https://m.tempo.co/read/news/2016/03/24/064756650/blue-bird-belum-beri-sanksi-buat-sopir-feri-yanto
Kata pak Bambang, sopir yang nyopirin saya, dia tidak mengenal Feriyanto ini, tapi memang dia memposting provokasi ini bukan untuk penggerakan massa, karena memang inisiatif demo sendiri lahir dari Kesepakatan Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) Jakarta. Atas keresahan mereka terhadap angkutan illegal yang berbasis online.

Bukan karena apa, angkutan seperti Ojek dan Taksi Online tersebut tidak pernah melalui izin ke Dishub maupun organda, serta tidak pernah membayar pajak sedikitpun kepada Pemerintah, hanya pajak kendaraan yang dibayarkan masing-masing individu, yang tentunya berbeda dengan pajak angkutan umum.

Lanjut ke Pak Feri, saat demo dia hanya membawa diri dan kertas bertuliskan isi tuntutan demo. Tidak lebih dari kertas senjata yang dia bawa.

Si "Pattimura" dari Blue Bird layaknya Uang 1000 Rupiah

Fotonya sudah lama banget yaa.. http://kapanlagi.com
Fotonya sudah lama banget yaa.. http://kapanlagi.com
"Itu foto lama" Kata pak Bambang keras. Pak Bambang tahu persis bahwa si "Pattimura" ini sudah keluar dari Blue Bird tahun 2015 karena berpindah ke pekerjaan lain. Namun manakala demo, ada seorang netizen yang tahu tentang foto "lucu2an" ini lalu disebar luaskan, hingga akhirnya diedit seperti layaknya Pattimura dalam Uang 1000 rupiah. Ada yang bilang penyebaran foto tersebut agar si "Pattimura" ini ketangkap polisi dan masuk penjara, karena pernah menjadi pesaing dari salah satu sopir lain. Tapi yang benar yang mana, yang pasti si "Pattimura" ini sudah terkenal.

Menurunkan Penumpang Saat Demo, itu Bukan Salah Sopirnya

Dari Pak Bambang ini, mengatakan bahwa saat itu Bluebird tersebut sedang diminta mengantarkan ibu-ibu, namun ada pelaku aksi yang melihat dan meminta Sopir yang sedang bertugas ini untuk berhenti bertugas, otomatis penumpangnya turun. Sangat disayangkan, padahal sopir yang didalam ini sudah sangat baik ingin mengantarkan penumpang ke tempat tujuan.

Meme Angry Blue Bird (Path.com/@enongolagi)
Meme Angry Blue Bird (Path.com/@enongolagi)
Sopir yang anarkis sudah ditindak oleh Kepolisian dan Manajemen

Pihak Manajemen Bluebird bahkan dengan baik hati menggratiskan pelayanan Bluebird secara gratis. Apakah tidak dibayar membuat Sopir harus merogoh kantong untuk mengisi bensin Mobil supaya Full Tank. Tidak. Mereka hari itu dibayar dengan Uang "Komisi" serta Bensin. Hanya untuk sehari itu, sehingga Sopir tidak rugi. Baru keesokan harinya, mereka mengejar target 30-50% seperti biasa yang diterapkan Blue Bird.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x