Mohon tunggu...
MONIKA DWILAILY
MONIKA DWILAILY Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya semua suka yang gasuka ribet aja haha!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Menarik "Bu Guru Cantik" Mahasiswi PTO Asistensi Mengajar UM di SMKN 6 Malang

20 Desember 2022   11:12 Diperbarui: 20 Desember 2022   11:26 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi. Foto Bersama Dengan Siswa/siswi Kelas XI TAB 1&2

Cerita Keseruan selama Mengajar Bareng "Bu Guru Cantik" yuk!!!!

Jadi, Asistensi Mengajar (AM) merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswasecara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuanpendidikan. Aktivitas mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1-2semester (setara 20-40 SKS), dimana untuk tahun ini kegiatan KPL dan KKN ikutterkonversi menjadi kegiatan Asistensi Mengajar.

Pengalaman yang sungguh tidak bisa terlupakan karena kita dituntut untuk bisa menjadi seorang guru di usia belia. Menjadi bagian dari program Asistensi Mengajar di SMKN 6Malang merupakan salah satu cotohnya. Kesempatan untuk mengaplikasikan atau menerapkan bahkan mengimplementasikan ilmu yang di dapat selama kuliah serta mendapatkan hal baru dalam bidang akademik, non- akademik, administrasi sekolah serta publikasi menjadi hal penting dari program Asistensi Mengajar. Untuk tempat sekolah mana yang akan dijadikan tempat Asistensi Mengajar sudah disediakan oleh LP3 UM, sehingga mahasiswa cukup mendaftarkan diri dan memilih sekolahnya di portal PPL UMdan MBKM UM.

Saya dan juga mahasiswa yang dari program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif sebanyak enam mahasiswa (Annas Tohuri, Bagas Sukmantoro, Dedi Candra, Taupik Yuhana, dan Yudha Rian Pratama) termasuk saya Monika Dwi Laily yang ditempatkan sebagai Mahasiswa AM di SMKN 6 Malang. Pelaksananmengajar, kami didampingi oleh guru pamong yang selalu memberikan arahan selama AM, yaitu Pak Edi Rudhiantoro S.Pd, dan Pak Daris Siswa Nugraha S.Pd. Disini kami dibagi menjadi dua guru pamong, tiga mahasiswa didampingi oleh Bapak Daris, dan tiga lainya bersama Bapak Edi. Saya dan dua teman saya (Taufik Yuhana dan Yudha Rian Pratama) mendapatkan guru pamong bapak Daris.

Dokumentasi. Asiknya selesai pembelajaran
Dokumentasi. Asiknya selesai pembelajaran

Dokumentasi. Situasi kelas XI TAB 2
Dokumentasi. Situasi kelas XI TAB 2

Dokumentasi. Situasi Kelas XI TAB 1
Dokumentasi. Situasi Kelas XI TAB 1

Keseruan kegiatan Akademik

Jikalau boleh jujur, Ketika mendapat bagian mengajar kelas Teknik Alat Berat (TAB) saya merasa takut. Karena semasa perkuliahan tidak basic dalam Alat Berat. Tetapi rasa ingi tahu dan semangat belajar menyelimuti mejadikan diri saya lebih semangat dan optimis saya pasti bisa. Senin, 22 Agustus 2022 menjadi hari dimana rasa takut, gerogi dan pokoknya campur saat mengajar di kelas XI TAB 1 yang masihdi dampingi oleh Bapak Daris selaku guru pamong sekaligus guru maple Engine dan Unit Alat Berat. Bapak Daris waktu itu memperkenalkan saya kepada semua siswa di kelas itu, dan rasa senang dan terharu ada siswa di pojok belakang kanan memanggil saya dengan sebutan "Bu", jujur hati dan semangat menjadi sangat luar biasa waktu itu. Hari itu merupakan hari pertama saya bertemu dengan adik adik saya yang akan saya ajar sampai 6 bulan kedepan. Setelah itu mulailah saya beradaptasi dengan mereka, mengenal karakteristik mereka dan sikap mereka. Hari berlalu rasa takut pun hilang menjadi rasa tanggung jawab untuk memberikan materi pelajaran kepada adik adik. Mengajar terus berlanjut sesuai jadwa yang ada yaitu di hari Rabu dan Kamis. Yang mana saya mengajar mata pelajaran Unit Alat Berat dan Hidrolik kelas XI TAB 1 dan XI TAB 2. Dua kelas dengan siswa yang memiliki karakter yang berbeda serta potensi di setiap kelas yang maasyaa allah luar biasa menjadi daya Tarik saya saat mengajar. Kalau mau dibilang dari 2kelas itu siapa saja yang nakal, aktif dan apapun itu, jujur mereka tetap menjadi siswa yang luar biasa nakal, aktif dan membuat kangen setelah selesai jam pelajaran. Iya betul kangen marah-marah hahahaha. Dan kangen dipanggil "BU CANTIK!!!" HEHE

Keseruan kegiatan Non-Akademik

Dokumentasi. Kegiatan Piket Unit Humas SMKN 6 Malang
Dokumentasi. Kegiatan Piket Unit Humas SMKN 6 Malang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun