Mohon tunggu...
Muhtalif KH
Muhtalif KH Mohon Tunggu... Guru

Konselor

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Haji di Waktu Muda Menjadikan Hidup Lebih Bermakna

30 September 2020   06:51 Diperbarui: 30 September 2020   07:07 25 4 0 Mohon Tunggu...

Haji secara bahasa adalah menyengaja, secara syara' adalah menyengaja ke baitul haram guna melaksanakan ibadah (fathul qorib bab haji). Haji adalah kewajiban yang dilaksanakan sekali seumur hidup bagi semua umat muslim yang mampu syarat dan rukunnya. Haji juga merupakan ibadah wajib yang membutuhkan banyak persiapan. sebagian muslim mengatakan haji adalah panggilan dari Allah SWT, sebgian juga mengatakan haji adalah sebuah cita-cita yang didambakan bagi semua umat muslim.

Era modern saat ini pentinglah seorang pemuda mempersiapkan diri melaksanakan ibadah haji, dari segi persiapan akanlah maksimal jika dilaksanakan diwaktu muda, selain fisik,mental pun harus dipersiapkan sedini meungkin karena ibadah haji adalah sebuah capaian yang amat tinggi bagi seorang muslim.  

Haji merupakan perjalananan yang membekas, memperluas sudut pandang dalam kehidupan, saling menghormati dan saling menghargai antar umat muslim dari seluruh penjuru dunia. Selain fisik dan mental haji juga membutuhkan biaya itupun tidak sedikit, namun apabila seorang pemuda sudah berniat dan bertekad bulat akan menunaikan ibadah haji bisa mempersiapkan diri dengan menabung, dengan menabung kita dilatih untuk menahan nafsu dan mengorbankan keinginan kita demi meraih tingkatan spiritual yang lebih tinggi. 

Di indonesia waktu tunggu haji sangatlah lama, dari beberapa sumber mengatakan masa tunggu haji saat ini sekitar 30 sampai 40 tahun, tidak terbayangkan betapa lamanya, karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak sedunia. dari paparan inilah timnbul alasan kenapa haji diwaktu  muda sangat dianjurkan. 

selain diatas alasan lain adalah tercapainya kesempurnaan rukun islam yang ke lima  dengan itu pemuda merasa bangga hidupnya akan lebih bermakna dengan cita-citanya menjadi insan kamil, mengorbankan segala hal demi mendekatkan diri kepada illahi robbi.

Banyak jalan menuju roma pepatah mengatakan, jalan yang terbaik selain mempersiapkan fisik dan mental adalah mempersiapkan biaya, dengan menabung secara berkala insya allah akan tercapai cita-cita mulia tersebut. Bank danamon syariah adalah layanan perbankan yang memberikan kemudahan bagi umat muslim untuk menabung ongkos naik haji, selain aman juga memberikan layanan daftar haji dikantor cabang terdekat, jangan khawatir, pasti mendapatkan porsi haji.

kebermaknaan hidup itulah yang menjadi motivasi bagi para milenial untuk melaksanakan haji, meraih cita-cita yang didambakan seluruh umat muslim didunia, spiritualisme tidak harus diraih waktu tua, milenial pun bisa meraihnya dengan semangat dan tindakan nayata, kesempatan itulah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk hidup yang lebih baik dan bermakna.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x