Lihat ke Halaman Asli

Aeira Ariendhita

Pelajar siswa SMP

Dampak Perkembangan Media Sosial

Diperbarui: 10 Desember 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era teknologi yang semakin berkembang seiring dengan perkembangan dunia digital. Semakin memudahkan pengguna internet dalam mengakses segala informasi ditambah lagi semakin banyaknya aplikasi aplikasi digital yang menawarkan kemudahan para pengguna dengan menjelajah dunia digital. 

Sebagai contoh aplikasi Tiktok yang memberi kemudahan pengguna dalam memperoleh informasi terkini berita dalam dan luar negeri hingga tren tren yang sedang terjadi di masyarakat. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan ruang untuk para pengguna menyalurkan ide ide kreatifnya bahkan bisa menjadi tempat menawarkan produk produk tertentu yang tentunya dikemas dalam video menarik. 

Walaupun banyak keuntungan dari aplikasi tersebut, namun ada dampak negatif yang dimunculkan juga seperti muncul tren mem *barcode* tangan yang dilakukan anak SD.Yang akhir akhir ini sedang hangat dibicarakan di beberapa surat kabar digital. 

Tren tren negatif tersebut muncul karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak anak, sehingga terjadi kurangnya pemahaman tentang suatu hal tersebut. Suatu hal tersebut bernilai baik atau buruk terhadap anak, anak kadang mengikuti tren tanpa tahu resiko dan akibat setelahnya. Semisal bekas luka *barcode* yang akan susah dihilangkan. 

Oleh karena itu, penting sekali pengawasan orang tua terhadap anak anaknya dalam menggunakan media sosial serta memberikan pengertian tentang tren tren yang sedang terjadi di masyarakat. Orang tua dituntut untuk lebih fleksibel dalam mengikuti perkembangan jaman . 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline