Lihat ke Halaman Asli

Syahiduz Zaman

TERVERIFIKASI

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Memanfaatkan Media Sosial untuk Merestrukturisasi Citra Bisnis

Diperbarui: 10 Januari 2024   18:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Word of mouth. (Sumber gambar: Freepik/wayhomestudio)

Beberapa hari lalu saya mem-posting satu hal di beranda Facebook saya tentang adanya sentimen negatif di tempat kerja saya. Sentimen negatif itu berupa ulasan di Google Maps oleh seseorang yang merasa diperlakukan tidak terhormat oleh petugas keamanan. Bisa ditebak, beberapa pengikut saya antusias dan ikut-ikutan merespons secara negatif postingan tersebut. 

Saya tidak sedang mengolok-olok tempat kerja saya. Ini sesuai kapasitas saya sebagai seorang yang "concern" pada masalah bisnis, baik di bidang administrasi, manajemen, dan komunikasi.

Saya ingin menunjukkan bagaimana citra bisnis itu dibangun dan ditingkatkan. Berikut ini ulasan saya.

Pendahuluan

Kisah ini bermula saat A dan B, dua teman lama, berada dalam perjalanan dari kota X ke kota Y. A, yang lebih berpengalaman dengan rute ini, memiliki rencana khusus untuk hari itu.

A: "Hei, bagaimana kalau kita makan siang di warung Z di daerah W? Saya dengar tempat itu cukup ramai."

B: "Baiklah, aku percaya padamu!"

Mereka pun berhenti di warung Z. Setelah makan, B tampak jelas kecewa dan tidak bisa menyembunyikan rasa tidak suka.

B: "Kamu sudah gila ya? Makanan di sini benar-benar buruk! Kenapa kamu bawa aku ke tempat seperti ini?"

A, dengan tenang, menjawab:

A: "Inilah alasan saya membawamu kesini. Saya ingin kamu tahu dari pengalamanmu sendiri bahwa makanan di sini memang tidak enak. Sekarang, kamu tidak akan lagi penasaran atau tergoda untuk mampir di sini suatu hari nanti."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline