Lihat ke Halaman Asli

Syafa Shahnaz

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

Edukasi Era Digital: Mahasiswa KKN-T Unesa Membentuk Generasi Digital Melalui Pengenalan Teknologi Menggunakan Chromebook di SDN Botok

Diperbarui: 7 Desember 2023   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

 

Era digital membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Mahasiswa KKN-T kelompok 3 dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) telah melakukan langkah inovatif dengan membentuk generasi digital melalui pengenalan teknologi menggunakan Chromebook di SDN Botok, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Di SDN Botok terdapat fasilitas berupa Chromebook, namun sebagian besar peserta didik masih belum bisa mengoperasikannya, serta kurangnya tenaga pendidik atau pendamping untuk mendampingi peserta didik dalam mengoperasikannya. Dalam menghadapi permasalahan tersebut mahasiswa KKN-T kelompok 3 UNESA mengadakan program kerja TeknoKids.

TeknoKids adalah program pelatihan keterampilan digital yang dirancang khusus untuk peserta didik kelas 4, 5, dan 6 di SDN Botok. Tujuan utama program ini adalah memberikan pemahaman dasar kepada peserta didik tentang penggunaan Chromebook dan mengembangkan keterampilan digital dasar mereka. Program TeknoKids ini dilaksanakan setiap dua kali dalam satu bulan. Pada minggu pertama dihadiri oleh kelas 4 dan pada minggu kedua dihadiri oleh kelas 5 dan 6.

 

dokumentasi pribadi

Pada pertemuan ke-1 dan ke-2 yang dilaksanakan pada bulan September, peserta didik akan belajar mengenai pengenalan Chromebook. Kegiatannya meliputi menyalakan dan mematikan Chromebook, log-in Chromebook dengan akun belajar, menyambungkan Chromebook dengan wi-fi, dan pengenalan fitur-fitur yang ada di Chromebook.

dokumentasi pribadi

Pada pertemuan ke-3 dan ke-4 yang dilaksanakan pada bulan Oktober, peserta didik akan belajar mengenai pengenalan platform Quizizz dan peserta didik akan langsung mencoba kuis interaktif menggunakan platform Quizizz.

 

dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi

Pada pertemuan ke-5 dan ke-6 yang dilaksanakan pada bulan November, peserta didik akan belajar mengenai pengenalan platform Jamboard dan peserta didik akan langsung mencoba berdiskusi menggunakan platform Jamboard. Serta pada akhir sesi, peserta didik mengisi angket respon.

Antusiasme peserta didik SDN Botok terhadap kegiatan ini menjadi poin penting yang mencerminkan keberhasilan inisiatif mahasiswa KKN-T kelompok 3 UNESA. Dalam suasana pembelajaran yang penuh semangat, para peserta didik menunjukkan minat yang tinggi untuk memahami dan menguasai penggunaan Chromebook.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline