Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu "Kursor"?

Diperbarui: 25 Maret 2019   18:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Acara perdana Kursor (dokpri)

Setelah ada Nangkring dan Ngoplah sebagai ajang kopi darat para Kompasianer, Bulan Maret 2019 Kompasiana meluncurkan Kursor.
Kalau Nangkring lazimnya kumpul-kumpul para Kompasianer yang menimba ilmu dari para nara sumber sesuai topik, Kompasianer siapapun boleh mendaftar dan hadir. Nara sumbernya juga cukup prestisius dari aras Pemerintahan bisa sampai Menteri.
Sedangkan Ngoplah lebih ditawarkan kepada komunitas internal Kompasiana untuk melangsungkan kegiatan di kantor Kompasiana di bilangan Palmerah, bisa peluncuran buku, diskusi maupun pelatihan. 
KursorSebelum peluncuran Kursor, sebenarnya ada satu kegiatan yang sudah berkali-kali diselenggarakan, namun namanya kurang melekat di benak para Kompasianer, yakni Comma (Community Afiliation).
Comma adalah kegiatan atas usulan komunitas yang akan digarap oleh Kompasiana. Contoh kegiatan belajar membatik Batik Etnik Tangsel oleh Ketapels (Kompasianer TangSel Plus) yang bekerja sama dengan Bank Danamon, kegiatan diskusi film dengan sineas perempuan yang digagas oleh Komik (Kompasianer Penggemar Film) yang juga bekerja sama dengan Bank Danamon.
Komunitas lain yang pernah menjalankan Comma adalah KPK (Kompasianer Penggila Kuliner) yang menyelenggarakan Wisata Kuliner Surya Kencana Bogor dan Lomba Vlog di Summarecon Mall Serpong yang juga menggandeng Bank Danamon. Komunitas penggemar jalan-jalan (Koteka) juga pernah menggelar Jalan-jalan ke Cirebon bersama Bank Danamon.
Beberapa komunitas lain yang pernah menyelenggarakan Comma adalah Ladiesiana, KOI, Komunitas Emak Blogger, Kofipon, BloggerCrony, Blogger Jakarta dan Kompasiana Yogya. 
Keuntungan Comma bagi komunitas adalah meningkatkan branding komunitas, mendapatkan dana untuk kegiatan dan mewujudkan ide-ide komunitas.
Karena Comma kurang populer maka dalam sambutan pada kegiatan perdana Kursor, Kevin sengaja menggaris bawahi adanya Comma dan minta agar komunitas bersedia memikirkan kegiatan untuk diusulkan kepada Kompasiana.
Kursor juga kegiatan untuk komunitas, yang terbuka pula untuk komunitas di luar Kompasiana seperti halnya Comma, diselenggarakan bulanan dan bisa di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).
Kursor perdana digelar di dalam ruangan tepatnya di WuHUB, Gedung Wirausaha Lantai 5, Jakarta Selatan dengan mengetengahlan topik "Perlunya Kontrak bagi Freelancer". Nara sumbernya dari kontrakhukum.com.
Seperti apa keseruan acara perdana Kursor, simak pada tulisan "Freelancer Jangan Menyepelekan Pentingnya Kontrak". Nah, mulai banyak kegiatan untuk komunitas yang difasilitasi oleh Kompasiana, yuk dimanfaatkan sebaik-baiknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline