Lihat ke Halaman Asli

Sulastri

"The best preparation for tomorrow is doing your best today" 💜

Tugas Prof Dr Apollo Daito: Ekonomi Digital dan Tantangan Perpajakannya

Diperbarui: 10 April 2020   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BISNIS TRADISIONAL VS BISNIS MODERN

Pada hakekatnya bisnis sudah ada sejak dahulu kala. Perkembangan bisnis pun bisa dikatakan sangat cepat seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi masa kini.

Hal ini tentu menjadi pemicu para pelaku bisnis untuk semakin mengembangkan usahanya dengan banyaknya bermunculan bisnis - bisnis online E-Commerce atau Startup di Indonesia.

Bahkan bisnis tradisional pun bisa dikatakan mulai terinfluence dan mulai perlahan bergeser memilih teknologi sebagai sarana dalam meningkatkan dan berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju dan berkembang pesat di era milenial saat ini.

Nah, apasih perbedaan Bisnis Tradisional dengan Bisnis Modern?

dewaweb

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perbedaan kedua jenis bisnis ini, kita harus mengerti dahulu apa pengertian dari keduanya.

Bisnis tradisional adalah salah satu konsep bisnis yang bisa dikatakan pengelolaannya dengan cara-cara yang tradisional atau bermula dari kebiasaan atau tradisi yang sudah ada sejak dulu.

Bisnis tradisional ini cakupannya cenderung hanya kepada lingkungan atau masyarakat luas dan tidak terlalu mementingkan perkembangan zaman sebagai suatu inovasi bisnis.

Sedangkan bisnis modern adalah suatu formula dan perkembangan bisnis baru yang menggunakan sistem ekonomi digital dengan memanfaatkan system informasi dan teknologi yang berkembang untuk terus berinovasi dan bisnis ini menjangkau banyak pangsapasar bukan saja pada kota-kota dalam sebuah negara melainkan sampai ke berbagai negara sebagai sasaran bisnis.

Secara umum yang membedakan antara bisnis ini adalah :

  1. Bentuk perintisan dalam mengembangkan bisnis
  2. Bentuk Service kepada konsumen
  3. Pemilihan Mitra Usaha
  4. Hasil produksi Barang/Jasa
  5. Tekhnik marketing yang digunakan

Bisnis-bisnis tradisional di Indonesia saat ini mulai terlihat lesu atau melemah, hal ini dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang mulai beralih ke bisnis digital. Seperti kita ketahui antusias masyarakat sanggat tinggi untuk berbelanja secara online, menggunakan transportasi online, belajar secara online, bahkan konsultasi dokter online.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline