Mohon tunggu...
Sulastri
Sulastri Mohon Tunggu... "The best preparation for tomorrow is doing your best today" 💜

Mahasiswi Program Study Pascasarjana Magister Akuntansi Universitas Mercu Buana Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tugas Prof Dr Apollo Daito: Ekonomi Digital dan Tantangan Perpajakannya

4 April 2020   20:28 Diperbarui: 10 April 2020   14:15 365 7 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Prof Dr Apollo Daito: Ekonomi Digital dan Tantangan Perpajakannya
ecommerce-tax-5e892a71097f360d7166f452.jpg

BISNIS TRADISIONAL VS BISNIS MODERN

Pada hakekatnya bisnis sudah ada sejak dahulu kala. Perkembangan bisnis pun bisa dikatakan sangat cepat seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi masa kini.

Hal ini tentu menjadi pemicu para pelaku bisnis untuk semakin mengembangkan usahanya dengan banyaknya bermunculan bisnis - bisnis online E-Commerce atau Startup di Indonesia.

Bahkan bisnis tradisional pun bisa dikatakan mulai terinfluence dan mulai perlahan bergeser memilih teknologi sebagai sarana dalam meningkatkan dan berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju dan berkembang pesat di era milenial saat ini.

Nah, apasih perbedaan Bisnis Tradisional dengan Bisnis Modern?

dewaweb
dewaweb
Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perbedaan kedua jenis bisnis ini, kita harus mengerti dahulu apa pengertian dari keduanya.

Bisnis tradisional adalah salah satu konsep bisnis yang bisa dikatakan pengelolaannya dengan cara-cara yang tradisional atau bermula dari kebiasaan atau tradisi yang sudah ada sejak dulu.

Bisnis tradisional ini cakupannya cenderung hanya kepada lingkungan atau masyarakat luas dan tidak terlalu mementingkan perkembangan zaman sebagai suatu inovasi bisnis.

Sedangkan bisnis modern adalah suatu formula dan perkembangan bisnis baru yang menggunakan sistem ekonomi digital dengan memanfaatkan system informasi dan teknologi yang berkembang untuk terus berinovasi dan bisnis ini menjangkau banyak pangsapasar bukan saja pada kota-kota dalam sebuah negara melainkan sampai ke berbagai negara sebagai sasaran bisnis.

Secara umum yang membedakan antara bisnis ini adalah :

  1. Bentuk perintisan dalam mengembangkan bisnis
  2. Bentuk Service kepada konsumen
  3. Pemilihan Mitra Usaha
  4. Hasil produksi Barang/Jasa
  5. Tekhnik marketing yang digunakan

Bisnis-bisnis tradisional di Indonesia saat ini mulai terlihat lesu atau melemah, hal ini dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang mulai beralih ke bisnis digital. Seperti kita ketahui antusias masyarakat sanggat tinggi untuk berbelanja secara online, menggunakan transportasi online, belajar secara online, bahkan konsultasi dokter online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN