Lihat ke Halaman Asli

Sevia Fitriani

Silahkan mampir

Tips Menjaga Kulit Sehat dan Cantik

Diperbarui: 22 April 2021   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kulit sehat dan cantik adalah dambaan setiap wanita karena selain menambah kepercayaan diri sendiri kulit yang sehat dan cantik untuk menyempurnakan penampilan. Dengan melakukan beberapa tips berikut ini anda bisa mewujudkan kulit yang sehat dan cantik. Simak beberapa tips berikut yang mudah dilakukan.

Rajin minum air putih

Air putih adalah kewajiban setiap orang. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, air putih juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan di wajah. Tubuh yang dehidrasi membuat garis-garis halus (keriput) pada wajah yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Cukup minum 8-9 gelas perhari untuk mencegah penuaan dini. Jangan memaksakan untuk minum berlebihan. Karena yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine menjadi lebih pekat, warna menjadi kuning pekat, dan berbau karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Olahraga secara teratur

Olahraga mampu meningkatkan kekuatan otot jantung, menurunkan kadar tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Sebuah penelitian melaporkan bahwa olahraga ketahanan dapat membantu melawan, bahkan membalikkan tanda-tanda penuaan seperti kebotakan, rambut beruban, dan kulit menipis serta mengeriput.

Tidur secara teratur

Tidur di jam normal seperti di bawah jam 10 malam itu sangat penting untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Begadang memiliki dampak yang bahaya selain membuat kelopak mata menjadi hitam dan kantung mata, begadang dapat mengganggu sistem daya tahan tubuh berfungsi secara maksimal, sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari penyakit.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Sinar matahari yang terkena kulit berlebihan dapat merusak jaringan kulit terluar. Gunakan tabir surya untuk mencegah paparan sinar matahari langsung. Gunakan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline