Lihat ke Halaman Asli

ROSITA NOVA AULIYA

MAHASISWI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Puzzle Peta Interaktif : Ide Kreatif dari Bakti Akademisi di SDN Mangkang Wetan 02

Diperbarui: 4 Oktober 2025   13:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Ibu Kepala Sekolah SDN Mangkang Wetan 02 (Sumber : Pribadi)

Semarang – Kegiatan Bakti Akademisi di SDN Mangkang Wetan 02 menghadirkan ide baru dalam pengembangan media pembelajaran. Pada kesempatan ini, diserahkan konsep Puzzle Peta Interaktif dari Rosita Nova Auliya selaku mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang kepada kepala sekolah dan wali kelas IV  SDN Mangkang Wetan 02 sebagai alternatif inovatif dalam mendukung mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).Puzzle Peta Interaktif dirancang untuk menjembatani kesulitan siswa dalam memahami materi peta yang sering dianggap abstrak. Media ini berbentuk potongan-potongan peta berwarna yang dapat disusun kembali hingga membentuk gambar utuh, lengkap dengan simbol dan arah mata angin. Dengan begitu, peta tidak hanya dipelajari lewat buku, tetapi juga bisa dipahami secara konkret melalui pengalaman langsung.

Kehadiran konsep ini disambut positif karena memberikan peluang bagi guru untuk memperkaya metode pembelajaran di kelas. Guru tidak lagi terpaku pada ceramah dan teks, melainkan bisa menghadirkan variasi aktivitas yang interaktif. Hal ini sekaligus membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir logis, ketelitian, serta pemahaman spasial sejak dini.

Penyerahan Puzzle Peta Interaktif juga menegaskan peran Bakti Akademisi sebagai jembatan antara dunia perguruan tinggi dan sekolah dasar. Inovasi sederhana ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagi pendidik dalam menciptakan suasana belajar yang lebih relevan, kontekstual, dan sesuai kebutuhan peserta didik.

Dengan langkah awal ini, SDN Mangkang Wetan 02 tidak hanya menerima sebuah gagasan, tetapi juga membuka ruang bagi praktik pendidikan yang lebih kreatif. Puzzle Peta Interaktif menjadi contoh bahwa ide sederhana pun bisa menjadi pemicu perubahan, asalkan dikembangkan dengan tujuan yang jelas untuk mendukung kualitas pembelajaran.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline