Lihat ke Halaman Asli

Analisis Penggunaan Unique Selling Point Dalam Kepuasan Pelanggan Pada Anumera Coffee Kabupaten Bandung

Diperbarui: 30 Mei 2025   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Anumera Coffee

Bagaimana kedai kopi lokal bisa tampil beda dan tetap dicintai pelanggan? Artikel ini mengulas pentingnya Unique Selling Point (USP) dan bagaimana strategi ini berperan dalam membangun kepuasan pelanggan secara menyeluruh. 

Di tengah maraknya persaingan bisnis kopi lokal, banyak pelaku usaha berupaya mencari cara agar tidak sekadar bertahan, tetapi juga menonjol dan dicintai pelanggannya. Salah satu pendekatan yang kerap dibicarakan namun belum banyak dipahami secara mendalam adalah unique selling point (USP) menjadi faktor pembeda yang membuat sebuah produk atau layanan tampak unik di mata konsumen.

Tetapi, apa sebenarnya unique selling point (USP) itu? Dan bagaimana strategi ini bisa menjawab tantangan dalam membangun loyalitas pelanggan di tengah tren gaya hidup ngopi yang kini sudah menjadi bagian dari identitas anak muda?

Menurut Kotler & Keller (2022), unique selling point (USP) adalah elemen yang membedakan sebuah merek dari pesaingnya dan menjadi alasan utama konsumen memilih produk tersebut. Unique selling point (USP) tidak selalu harus berupa inovasi besar, tetapi bisa muncul dari hal-hal sederhana seperti cerita di balik produk, desain tempat, pelayanan, atau bahkan pengalaman emosional yang diberikan.

Dalam konteks kedai kopi, USP bisa berupa:

  • Kualitas biji kopi dan proses roasting yang khas.

  • Desain interior yang unik dan instagramable.

  • Interaksi personal antara barista dan pelanggan.

  • Konsep kedai yang menyatu dengan alam.

  • Pengalaman menyeluruh yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline