Lihat ke Halaman Asli

Riski Riadi Saputra

UPN Veteran Yogyakarta

Perbedaan Digital Marketing dengan Traditional Marketing

Diperbarui: 28 November 2022   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi AMD Academy

Marketing adalah hal yang sangat penting yang harus dipikirkan oleh pemilik bisnis. Pasalnya, bisnis tersebut bisa laku atau tidak akan tergantung pada strategi marketing yang diterapkan. Saat ini, strategi marketing terbagi menjadi dua, yaitu digital marketing dan traditional marketing.

Secara umum, keduanya memiliki perbedaan dalam hal media yang digunakan. Seperti namanya, digital marketing akan menggunakan media digital, seperti media sosial dan website. Sedangkan traditional marketing cenderung menggunakan media atau saluran traditional, seperti media cetak dan baliho.

Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna internet menjadi semakin naik dari waktu ke waktu, hal tersebut tentunya menjadi salah satu peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur. Menurut data BPS, pada tahun 2021 telah tercatat kurang lebih 62,10 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia yang menggunakan internet dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pada idealnya perusahaan harus mampu menerapkan kedua strategi digital marketing dan traditional marketing secara berkesinambungan. Pasalnya kedua tipe marketing tersebut masih memiliki pangsa pasar yang berbeda, dengan demikian ketika perusahaan mampu menerapkan kedua tipe marketing ini, maka jangkauan pangsa pasar akan semakin luas.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah cara modern dari suatu teknik marketing. Teknik marketing ini mempromosikan, menjual produk dan layanan secara online. Hal ini juga mengacu pada marketing online segala jenis bisnis yang memanfaatkan media dan perangkat digital seperti Google, Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Apa itu Traditional Marketing?

Traditional marketing adalah cara lama dari suatu teknik marketing. Teknik marketing ini mengacu pada jenis promosi, dan iklan termasuk selebaran, papan iklan, iklan TV, iklan radio, iklan cetak, iklan surat kabar, dan lain sebagainya. Pada zaman dahulu teknik ini banyak digunakan perusahaan pada periode awal untuk memasarkan produk mereka kepada para calon konsumen.

Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

1. Komunikasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline