Mohon tunggu...
Riski Riadi Saputra
Riski Riadi Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPN Veteran Yogyakarta

Mahasiswa yang memiliki minat dan hobi terkait digital marketing, teknologi dan juga games.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan Digital Marketing dengan Traditional Marketing

28 November 2022   08:40 Diperbarui: 28 November 2022   08:49 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi AMD Academy

Marketing adalah hal yang sangat penting yang harus dipikirkan oleh pemilik bisnis. Pasalnya, bisnis tersebut bisa laku atau tidak akan tergantung pada strategi marketing yang diterapkan. Saat ini, strategi marketing terbagi menjadi dua, yaitu digital marketing dan traditional marketing.

Secara umum, keduanya memiliki perbedaan dalam hal media yang digunakan. Seperti namanya, digital marketing akan menggunakan media digital, seperti media sosial dan website. Sedangkan traditional marketing cenderung menggunakan media atau saluran traditional, seperti media cetak dan baliho.

Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna internet menjadi semakin naik dari waktu ke waktu, hal tersebut tentunya menjadi salah satu peluang bisnis yang harus dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur. Menurut data BPS, pada tahun 2021 telah tercatat kurang lebih 62,10 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia yang menggunakan internet dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Pada idealnya perusahaan harus mampu menerapkan kedua strategi digital marketing dan traditional marketing secara berkesinambungan. Pasalnya kedua tipe marketing tersebut masih memiliki pangsa pasar yang berbeda, dengan demikian ketika perusahaan mampu menerapkan kedua tipe marketing ini, maka jangkauan pangsa pasar akan semakin luas.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah cara modern dari suatu teknik marketing. Teknik marketing ini mempromosikan, menjual produk dan layanan secara online. Hal ini juga mengacu pada marketing online segala jenis bisnis yang memanfaatkan media dan perangkat digital seperti Google, Facebook, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Apa itu Traditional Marketing?

Traditional marketing adalah cara lama dari suatu teknik marketing. Teknik marketing ini mengacu pada jenis promosi, dan iklan termasuk selebaran, papan iklan, iklan TV, iklan radio, iklan cetak, iklan surat kabar, dan lain sebagainya. Pada zaman dahulu teknik ini banyak digunakan perusahaan pada periode awal untuk memasarkan produk mereka kepada para calon konsumen.

Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

1. Komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun