Lihat ke Halaman Asli

Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Berbasis STEAM di SD Negeri

Diperbarui: 10 April 2025   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM:

BAHASA INGGRIS ( ALPHABET) DI SD NEGERI 062 MOMPANG JAE

     Habib Azizi1,Nikmatul Wahidah2, Riski Rahmadani3

1,2,3STAIN Mandailing Natal, Panyabungan, Sumatra Utara

E-mail: 1sangvenom000@gmail.com,2wahidahnikmahtul@gmail.com, 3riskirahmadani6295@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru dalam pembelajaran berbasis STEAM (Science,Technology,Engineering,Arts,and Mathematics) pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Alphabet di kelas V-A SD Negeri 062 Mompang Jae.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Subjek penelitian adalah satu orang guru dan 25 siswa kelas V-A.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan unsur-unsur STEAM secara terpadu dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media gambar dan teknologi.Profesionalisme guru tercermin dalam perencanaan,pelaksanaan,dan evaluasi pembelajaran yang kreatif dan efektif. Penerapan pendekatan STEAM mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi Alphabet.

Kata Kunci:Profesionalisme Guru,STEAM,Bahasa Inggris,Media Gambar dan Teknologi, Sekolah Dasar.

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, profesionalisme guru mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Profesionalisme terlihat dari kemampuan guru merancang pembelajaran, mengelola kelas, memahami karakter siswa, dan melakukan evaluasi yang sesuai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline