Lihat ke Halaman Asli

Rini Wulandari

TERVERIFIKASI

belajar, mengajar, menulis

Melesat SAT SET, Satu Click untuk Inspirasi Layanan JNE Tanpa Batas

Diperbarui: 2 Juli 2025   05:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Layanan JNE hingga ke pelosok negeri-JNE.co.id

Menurutku membahas gap awareness vs satisfaction JNE tetap menjadi daya tarik yang krusial. Indonesia WOW Brand Survey (MarkPlus Insight) menunjukkan bahwa JNE mendapatkan penghargaan Gold Champion WOW Brand di kategori Courier Service tahun 2018 dan 2023 karena  berdasarkan ukuran Brand Advocacy Ratio (BAR), tingkat rekomendasi kepada orang lain, serta tingkat awareness, JNE meraih skor tertinggi. Artinya apa?, JNE tidak hanya dikenal luas, tapi juga secara aktif direkomendasikan.! 

JNE yang selalu mengusung semangat Connecting Happiness mendapatkan skor tertinggi di antara brand jasa kurir lainnya. JNE mendapatkan skor sebesar 0,73 dalam penentuan peringkat berdasarkan konsep Brand Advocacy Ratio (BAR). Skor ini didapatkan JNE karena masyarakat tidak hanya mengenal dan mengetahui JNE, tapi turut merekomendasikan produk JNE.

Maka JNE masuk ke dalam 300 brand yang disebut sebagai Brand for Good Club atau brand yang paling banyak direkomendasikan oleh pelanggan. Dari 300 brand tersebut, dikelompokkan lagi menjadi 50 brand dengan penilaian tanpa pengkategorian dan JNE kembali masuk dalam 50 brand dengan BAR tertinggi.

Melesat SAT SET Inspirasi Tanpa Batas

"SAT SET." Dua suku kata yang sudah menjadi tagline ikon perubahan, semangat inspiratif, dan kecepatan luar biasa bagi JNE tidak saja sekedar click, tapi juga menggambarkan ribuan cerita nyata pelanggan dan pekerja JNE yang selalu berusaha mewujudkan semangat melayani tanpa batas.

Cerita Pertama; Kisah Mbok Ratna dan Kepercayaan yang Menenangkan. Ketidakpastian pengiriman selalu menimbulkan kecemasan. Banyak orang masih trauma ketika paketnya hilang, terlambat, atau rusak. Namun kisah Mbok Ratna dari Cirebon yang selalu menerima paket isian obat tradisionalnya tepat waktu, bahkan diwaktu-waktu yang tidak terduga seperti malam hari membuatnya tenang. "Aku hafal bunyi motor JNE, itu bikin tenang..."

Hal itu karena ketersediaan layanan JNE yang bisa memenuhi harapan dan kepercayaan itu. JNE YES (Yakin Esok Sampai), layanan premium JNE untuk pengiriman sampai keesokan harinya, termasuk di hari Minggu dan hari libur nasional (di kota tertentu). Memiliki sistem prioritas penanganan dan pengiriman hingga malam. 

Begitu juga dengan JNE SS (Super Speed) karena menjadi layanan pengiriman tercepat dari JNE, same day delivery, bahkan bisa beberapa jam sampai tergantung kota dan rute. Melayani kebutuhan sangat darurat dan penting.

Kisah Mbok Ratna menunjukkan ketersediaan layanan paket JNE yang Real-time Tracking yang bisa dilacak. Bahkan pelanggan juga bisa memanfaatkan Pickup Service (JNE Jemput Paket) yang memungkinkan pengirim tidak harus datang ke kantor, sehingga pengiriman bisa lebih cepat diproses. Serta Custom Drop Time dari Agen Lokal karena beberapa agen atau cabang memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tetap, termasuk pengantaran malam.

Cerita Kedua; Kisah Andi dan Digitalisasi JNE. JNE punya aplikasi dan fitur tracking-pelacakan. Mungkin menjadi sesuatu yang biasa ketika pelanggan tahu bahwa digitalisasi JNE diulas lewat angka dan fitur. 

Tapi Andi pengusaha kecil frozen food di Medan justru menggunakan tracking sebagai showmanship untuk membangun brand-nya, memperkuat emotional bond antara supplier, JNE, dan pelanggan. Dengan memasukkan nomor resi JNE, dan memilih lacak pengiriman---petualangan perjalanan paket bisa kita telusuri jejaknya. Ini menjadi bentuk pengalaman yang berbeda.

Jadi, setiap kali menerima pesanan, Andi tak sekadar memantau posisi paket melalui aplikasi JNE. Ia akan menangkap layar (screenshot), lalu menyusun ulang kronologi pengiriman menjadi semacam infografik sederhana. Hasilnya ia kirim ke pelanggannya, terutama kepada ibunya sendiri. "Bundaku suka banget lihat perjalanan paket dari gudang JNE ke Medan, seperti nonton dokumenter mini ala pak kurir."

Digitalisasi yang diterapkan JNE bukan hanya soal kecepatan atau efisiensi. Dalam setiap pelacakan lokasi, terselip rasa aman, keterhubungan, dan nilai kemanusiaan. Bagi sebagian orang, tracking bukan hanya soal fitur, tapi juga cerita. Cerita tentang perjalanan, ketepatan, dan niat baik dalam semangat "JNE Tracking for Humanity."

Cerita Ketiga; Kisah Pak Budi dan Layanan Hyperlocal. Sering kali dalam kasus kebutuhan kesehatan yang urgent, pesanan obat harus diantar tepat waktu bahkan pagi dini hari---dan JNE menyesuaikan! Cerita Pak Budi, seorang kakek di Yogyakarta yang membutuhkan inhaler karena asma akut tengah malam. Kebetulan JNE cabang jogja menyediakan layanan pick-up atau pengiriman di jam subuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline