Lihat ke Halaman Asli

Jurnalisme Online

Diperbarui: 4 Maret 2016   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Jurnalistik dan Web

Internet merupakan suatu media yang dipakai oleh semua kalangan. Disamping itu internet juga mengubah profesi jurnalistik untuk membuat peran jurnalis sebagai kekuatan perantara yang cukup penting dalam demokrasi, internet juga membuat media semakin professional dengan jangkauan yang luas, dengan kata lain informasi atau berita yang berada di media internet ini dapat diakses di mana pun. Jurnalisme online merupakan perubahan baru dalam ilmu jurnalistik. Laporan jurnalistik dengan menggunakan teknologi internet, disebut dengan media online, yang menyajikan informasi dengan cepat dan mudah diakses di mana saja.

Berita dan Jurnalisme di Internet

Media yang berada di Cyberspace yang mempunyai banyak surat kabar online dan sebanyak 20 persen surat kabar online yang berada di Amerika mengaku pada tahun 1997 bahwa setengah dari konten berita mereka asli, tanpa ada rekayasa. Konten Asli adalah konten yang dihasilkan khusus untuk situs berita online dan tidak ‘Shovelware’.

Jurnalisme online dan Wartawan

Dalam pengertian jurnalisme online maupun wartawan, terkadang seseorang bingung untuk menjelaskan tentang definisi dua kata tersebut. Ada seseorang yang mengetahui bahwa jurnalistik tidak sebuah profesi. Jurnalisme online  merupakan bentuk dari kemajuan teknologi masa sekarang, dimana yang dulu jurnalisme lebih lekat dengan media cetak maupun media penyiaran, sekarang jurnalisme berkembang menjadi jurnalisme online. Dalam jurnalisme online, para wartawan dilatih dan di didik untuk berfikir kritis. Hardnews biasanya bersifat singkat, padat dan memiliki jangka waktu. Namun dengan adanya jurnalisme online ini dapat memuat berita- berita yang serius dan penting.

Tradisional vs Berita online dan jurnalisme

a.       Interaktivitas;
 Unsur Interaktivitas ( interaksi ) , mengajak pembaca atau penikmat berita untuk ikut ambil bagian dalam pemberitaan dengan cara mengirim komentar atau email kepada pekerja media online bertujuan untuk membangun berita agar lebih baik dalam pemberitaan

b.      Personalisasi;

Unsur Personalisasi ( Individu) , bertujuan agar pembaca dapat berinteraksi langsung secara individu dengan pekerja media.

c.       Konvergensi;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline