Lihat ke Halaman Asli

Rempah Pengganti Garam yang Bikin Makananmu Lebih Sehat

Diperbarui: 30 Juni 2021   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rempah Pengganti Garam yang Bikin Makananmu Lebih Sehat (Source: Pixabay/Andrihariana)

Garam lazim ditambahkan untuk memberikan rasa asin pada masakan.  Penggunaan garam dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika berlebihan tentu akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.  Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba 5 rempah pengganti garam berikut ini.

Dampak Negatif jika Konsumsi Garam Berlebih

Tidak dipungkiri jika garam yang yang dikonsumsi mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, namun jika jumlahnya berlebih hal itu justru akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.  Berikut ini adalah dampak negatif konsumsi garam berlebih yang perlu diketahui:

  • Memicu terjadinya gangguan fungsi ginjal
  • Meningkatkan resiko hipertensi
  • Memicu penyakit jantung
  • Terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh
  • Menurunkan fungsi otak

Baca Juga: Simak Langkah Efektif Berhenti Merokok

Ketika tubuhmu mengalami kelebihan garam, biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti berikut:

  • Selalu merasa haus akibat kandungan sodium yang tinggi.
  • Munculnya bengkak ada bagian tubuh tertentu.
  • Munculnya batu ginjal.

5 Rempah Pengganti Garam

Bawang Putih

Rempah pengganti garam ini memberikan rasa gurih pada masakan.  Bawang putih diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.  Bumbu dapur ini memiliki aorma yang khas dan membuat masakan terasa lebih enak. 

Beberapa studi menyebutkan bahwa bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, serta memelihara dan meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga: 8 Manfaat Suplemen untuk Perbaiki Imun

Oregano

Bumbu ini bisa digunakan dalam keadaan segar atau kering.  Aroma dari oregano cukup menyengat dengan sedikit rasa pahit jika terlalu banyak digunakan.  Jenis rempah ini biasa digunakan untuk menambahkan rasa dan aroma pada masakan.

Jenis rempah pengganti garam ini sering digunakan untuk taburan pada pizza, roti, daging panggang, salad atau ditambahkan dalam saus.  Selain membuat masakan lebih enak, oregano juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Thyme

Thyme biasa digunakan sebagai bumbu pengganti garam yang disajikan dalam bentuk segar, kering atau sudah digiling.  Bumbu ini sangat cocok untuk membumbui daging, seperti ayam, sapi atau domba.  Selain itu, thyme juga cocok untuk taburan telur dadar atau orak-arik.

Selain menambah cita rasa pada masakan, thyme jug diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan.  Kandungan vitamin C pada bumbu ini mampu meningkatkan sistem imun dan efektif melawan bakteri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline