Lihat ke Halaman Asli

Opa Jappy

Orang Rote yang Bertutur Melalui Tulisan

Menanggapi Pesan Pendek: Tenaga Medis Tertinggi, Rohaniawan Terendah

Diperbarui: 3 Agustus 2022   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI


Jagakarsa, Jakarta Selatan | Dirimu, ya anda yang sementara baca, pernah mengalami "Pesan yang dikirim melalui WA atau pun SMS, tidak dibaca atau tanggapan, bahkan tidak ada reaksi apa pun dari penerima?" Padahal, pesan yang dikirim tersebut, cukup penting dan perlu tanggapan cepat.

Jika, Ya! Maka itu sama dengan jutaan orang di Seluruh Dunia. Ya. Sangat banyak orang kurang cepat menanggapi pesan yang mereka terima (melalui berbagai platform Aplikasi Medsos).

Mungkin mereka lupa bahwa, Mengirim pesan di Media Sosial, mempunyai makna bahwa Si Pengirim inginkan hal yang dibahas di/melalui kotak pesan, tidak diketahui oleh orang lain atau hanya terbatas pada dua Pengirim dan Yang Dikirim."

Kali ini, kurangnya tanggapan pada sejumlah orang terhadap pesan pendek tersebutlah yang menjadi perhatian saya (dan Tim). Kami melakukan semacam eksperimen sosial atau 'survei kecil-kecilan.'

Survei dilakukan pada Juli 2021, Desember 2021, Juli 2022; melalui beberapa tahap, yaitu

1. Mendapat kepastian bahwa nomor hp/WA (saya dan Tim) ada di daftar kontak calon penerima pesan dan survei

2. Membuat tempat daftar Broadcast (fasilitas dan fitur dari WA; masing-masing broadcast mencapai 256 penerima atau nomor WA). Kemudian, memilih dan memilah nomor kontak (untuk broadcast) sehingga penerima mewakili semua provinsi di Indonesia.

3. Usia penerima 25-70 tahun; dan dari berbagai latar belakang. Masing-masing profesi ataupun hubungan sebanyak 100 orang (termasuk anggota keluarga atau kerabat). Agar tidak sulit menghitung, maka jumlah penerima/nomor WA di broadcast dibulatkan menjadi 1000 orang.

4. Mengirim pesan melalui broadcast WA secara berkala pada Juli 2021, Desember 2021, Juli 2022. Konten pesan, "Apa Khabar?" dan link plus kutipan singkat artikel.

5. Mendapat kepastian bahwa pesam tersebut diterima penerima; ditandai dua contreng biru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline