Lihat ke Halaman Asli

Muh. Jamil

Ketua Pengurus BMT Insan Mandiri

Identitas Remaja Muslim

Diperbarui: 13 Mei 2018   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Definisi dari definisi adalah suatu batasan atau arti, bisa juga dimaknai kata atau frasa kalimat yang mengungkapkan makna Keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses atau aktivitas.

Definisi identitas menurut Stella ting toomey adalah refleksi diri atau cerminan diri yang berasal dari keluarga, gender, budaya etnis dan proses sosialisasi atau identitas adalah suatu ciri-ciri atau tanda-tanda yang melekat pada diri seseorang individu yang menjadi ciri khasnya. Identitas terdiri dua hal yaitu kodrati dan non kodrati.  Kodrati contohnya adalah gender agama suku ras kasta maupun kebangsaan sedangkan non kodrati adalah kelas ekonomi pendidikan ekonomi sosial dan agama ( sumber Ubaidillah 2015).

Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Berumur 11 sampai 21 tahun, yang ditandai dari perubahan fisik yang cepat pertambahan berat badan yang cepat dan pertambahan tinggi yang cepat.

Islam adalah penyerahan atau penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan atau Allah. Pengikutnya disebut muslim yang berarti seseorang yang tunduk kepada Tuhan atau lebih lengkapnya adalah muslimin bagi laki laki dan muslimat bagi perempuan. Wasik (2016) menyebutkan kata Islam berasal dari bahasa Arab aslama yuslimu islaman kamus lisan al abda di dijelaskan bahwa Islam mempunyai arti semantik yaitu tunduk dan patuh, berserah diri, menyerahkan, memasrahkan, mengikuti, menunaikan, menyampaikan, masuk dalam Kedamaian, keselamatan atau kemurnian.

Definisi identitas remaja muslim adalah suatu ciri atau tanda-tanda yang melekat pada diri seseorang sedang masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa atau umur 11 sampai 21 tahun yang telah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhannya.

Lalu apa maksud dari menyerahkan diri pada Tuhannya menurut saya yang dimaksud adalah mengimani dan melaksanakan apa yang menjadi perintah dan menjauhi larangannya, serta mengerti apa tujuan penciptaannya sebagai manusia.

Tetapi sebelum melangkah lebih jauh pembahasannya Hal mendasar yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin saya bisa menjadi remaja yang menyerahkan diri, sementara Tuhan saya sendiri tidak tahu, Apa perintah dan apa larangannya.  Untuk menjawab itu dibutuhkan klarifikasi ringan tentangnya sebagai berikut :

Jika engkau tidak tahu siapa itu Tuhan atau Allah yang menjadi pertanyaan adalah dari mana engkau berasal ? Mungkin jawabannya adalah Saya dari Ibu dan ayahku. Ibu dari mana mungkin jawabannya adalah dari kakek dan nenekku dan seterusnya. Dari mana ujungnya kita tidak tahu tetapi yang kita tahu adalah manusia pertama bernama Adam dan Hawa yang menjadi kakek dan nenek kita semua sebagaimana yang dijelaskan di dalam al-quran, Injil dan Taurat.  Hal itu bisa disimpulkan bahwa tidak ada akibat tanpa sebab. 

Semua yang ada di muka bumi ini karena ada sebab, semua yang ada di bumi dan alam raya karena diciptakan. Ada yang diciptakan manusia dan makhluknya, tetapi pencipta dari segala Pencipta adalah Tuhan. 

Tuhan tidak diciptakan tetapi menciptakan, hal itu semua dijelaskan di dalam kitabnya Al Quran. Tuhan menciptakan alam raya yang sama sekali kita tidak bisa menjangkaunya karena kita lemah tak berdaya maka karena ketidakberdayaan,  mengakui kekuasaannya adalah mutlak.  maka Syahadatjuga menjadi mutlak itulah bentuk kepasrahan kita bahwa kita tak punya daya. Tuhan Dia adalah segalanya.  Untuk mengetahui lebih detail tentang Tuhan maka belajar dan mengkaji Alquran adalah jalannya.

Maka tugas yang paling utama bagi remaja adalah belajar untuk mengenal identitas dirinya. Pertanyaannya Kenapa mesti kita belajar mengenali identitas kita sebagai remaja muslim ? Jawabannya adalah sebagai berikut :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline