Lihat ke Halaman Asli

Mitsalina G

Mahasiswa

Pencerdasan Desain Media oleh Mahasiswa UNDIP dalam Upaya Pemberdayaan Bank Sampah Alamanda Sejahtera

Diperbarui: 12 Februari 2022   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Sampah Alamanda Sejahtera

Setiap komunitas membutuhkan branding untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap keberadaannya dengan membangun citra yang sesuai, termasuk Bank Sampah Alamanda Sejahtera.

Bank Sampah Alamanda Sejahtera adalah bank sampah yang beroperasi di RW 028, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Bekasi. Di sini para nasabah bank sampah dapat mengumpulkan sampah yang telah mereka pilah untuk kemudian ditimbang dan dijual. Hasil penjualan akan dimasukkan ke dalam tabungan masing-masing nasabah dan bisa diambil di kemudian hari. Transaksi penjualan sampah ini hanya akan dilakukan seminggu sekali di hari Sabtu.

Banyak di antara masyarakat Kota Bekasi yang belum mengetahui tentang adanya bank sampah ini, serta kegiatan yang mereka lakukan. Padahal bank sampah ini menjadi salah satu bank sampah teraktif yang ada di Indonesia. Hal ini membuat urgensi branding pada Bank Sampah Alamanda Sejahtera semakin besar.

Salah satu alat yang bisa mendukung branding adalah desain grafis media, khususnya media sosial. Tidak diragukan lagi bahwa media sosial mempunyai pengaruh besar pada branding, mulai dari komunitas hingga produk.

Branding melalui media sosial Bank Sampah Alamanda Sejahtera dilakukan dengan memperbaiki tampilan media sosial Instagram yang saat ini sudah berintegrasi dengan Facebook. Beberapa hal yang dilakukan adalah menentukan SOP Media akun bank sampah, serta merapihkan tampilan akun Instagram Bank Sampah.

Selain itu, posting sudah mulai aktif dilakukan dengan bahasan seputar edukasi terkait sampah dan bank sampah kepada masyarakat. Selain untuk meningkatkan citra Bank Sampah Alamanda Sejahtera, juga sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas bank sampah untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah dan yang lainnya.

Untuk mempertahankan branding yang sudah mulai dijalankan, mahasiswa juga melakukan edukasi terkait desain dan kemediaan. Hal ini tentu disambut baik oleh para pengurus bank sampah, di mana saat ini mereka merasakan bahwa akun media bank sampah belum dikelola dengan maksimal, serta pengetahuan seputar kemediaan yang minim di kalangan pengurus.

Pelatihan Desain Media Menggunakan Aplikasi Canva

Berlokasi di Bank Sampah Alamanda Sejahtera, kegiatan ini dilaksanakan dua kali melalui media offline dan online di Akhir Januari-Awal Februari, dengan sasaran target yaitu para pengurus. Kegiatan ini juga terbuka bagi para pengurus bank sampah di luar Bank Sampah Alamanda Sejahtera yang ingin mempelajari seputar desain dan kemediaan, dengan melihat adanya beberapa anggota bank sampah lain yang juga ikut dalam edukasi via online meeting.

Edukasi desain mencakup tentang pentingnya desain media, aspek penting yang harus diperhatikan dalam desain media, hingga praktik langsung membuat desain postingan edukasi melalui Aplikasi Canva. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk Bank Sampah Alamanda Sejahtera kedepannya, dan bisa menyebar ke bank sampah lain agar dapat merasakan manfaat yang sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline