Lihat ke Halaman Asli

Medina Putri

Mahasiswa IAIN Jember

Filsafat Materialisme dan Tokoh Pemikirnya

Diperbarui: 7 Juni 2020   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikun wr.wb.....

 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian filsafat pendidikan materialisme dan beberapa tokohnya.

 Pengertian Materialisme

Aliran filsafat materialisme berpandangan bahwa realitas adalah materi, bukan rohani, spiritual ataupun supranatural. Materi lebih dulu ada, sedangkan ide atau fikiran mucul setelah melihat materi. Aloran ini berpendapat bahwa semua kejadian dan kondisi adalah akibat yang lazim dari bentuk-bentuk yang lebih tinggi. Dan hanya merupakan bentuk yang komplesks dari bentuk inorganik atau lebih rendah. 

Tokoh-tokoh Filsafat Materialisme

 1. Laudwig feurbach 

Ia merupakan seorang filosof yang berkebangsaan jerman. Ia adalah murid dari Hegel tetapi ia menolak ajaran dialektik Hegel. Menurutnya ajaran dari Hegel itu harus diputar balik karena yang mutlak itu bukanlah roh tetapi materi. Ajaran pokoknya ialah bahwasannya materialisme benar-benar menggantungkan kebenaran pada materi yang ada pada manusia. 

2. Democritus

Ia adalah seorang filosofi yang termasuk dalam madzhab antomisme. Ia meruapakan murid dari Leukippos. Ia adalah seorang yang berasal dari keluarga yang kaya raya. Ia mengembangkan pemikirannya tentang Atom. Atom adalah bagian yang sangat kecil sehingg tidak bisa dilihat oleh mata. Selain sebagai filsug ia juga dukenal sebagai seorang yang menguasai banyak keahlian, sayangnya banyak karya yang tidak tersimpan. Sebagian karyanya berisi tentang etika.  

Sekian Terimakasiiih....

Wassalamualaikum wr.wb




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline