Lihat ke Halaman Asli

Afifuddin lubis

TERVERIFIKASI

Peristiwa Mengerikan Sesudah Hitler Bunuh Diri

Diperbarui: 15 Oktober 2017   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sebahagian besar penduduk jagad ini kemungkinan besar pernah mendengar nama Adolf Hitler.
Sayangnya lelaki berkumis ini dikenang oleh dunia sebagai orang yang pernah memporak porandakan nilai nilai ,menghancurkan nilai nilai kemanusiaan dan lebih dari itu menunjukkan kebiadaban dan menyebar racun penderitaan khususnya di Eropa.
Tindakannya menyerang  Polandia pada September 1939 telah memicu terjadinya Perang Dunia Kedua ,sebuah perang yang kemudian membawa penderitaan terhadap puluhan bahkan mungkin ratusan jiwa manusia.

Kekejamannya akan tetap dikenang oleh siapapun ,karena Hitler yang dijuluki Fuhrer ini tidak segan segan memerintahkan pembunuhan orang orang Yahudi.
Kebijakan Sang Fuhrer yang merasa ras Arya lebih tinggi dari ras lainnya mengakibatkan kematian sekitar 50 juta orang selama Perang Dunia Kedua.
Karena perintah dan kebijakannya lah enam juta orang Yahudi dan 5 juta etnis " non Arya" dibunuh secara mengenaskan.Adolf Hitler memang memerintahkan pemusnahan secara sistimatis terhadap Yahudi dan ras " non Arya " ini.

Sejak Hitler menginvasi Polandia ,namanya menjadi buah bibir dan penampilannya yang gagah serta kemampuan orasinya yang hebat membuat ia terlihat begitu perkasa.Di awal Perang Dunia Kedua ia terlihat sebagai sosok yang begitu powerfull.
Entah kenapa dengan kemampuan orasinya yang luar biasa itu ,banyak orang Jerman yang sangat rasional itu ,kemudian mengakui dan memercayai bahwa ras mereka lebih tinggi dari ras ras manusia yang ada di jagad ini.

Dari berbagai dokumentasi maupun dari nonton film tentang kehidupannya ,terlihat betapa gagahnya Sang Fuhrer menerima penghormatan dari pasukan Jerman sewaktu diadakannya defile atau parade militer.Ia terlihat sangat berwibawa dan power full.
Tetapi kemegahan dan kekuasaan itu punya batas juga.
Hal ini  terlihat betapa tragisnys kejadian yang menimpa dirinya pada akhir kekuasaannya.

P.K.Ojong melalui bukunya " Perang Eropa " Jilid III melukiskan dengan detail tentang tragedi yang terjadi.
Akhir April 1945 ,Pasukan Sekutu dibawah pimpinan Jenderal Eisenhower yang telah mendarat di Normandia Perancis pada 6 Juni 1944 sudah mendekati dan menjepit Berlin kota dimana Hitler tinggal.
Pasukan Beruang Merah Uni Sovyet yang dikomandoi Jenderal Zhukov juga sudah melancarkan tekanan militer yang semakin kuat ke pusat kekuasaan Hitler itu.

Dibawah tekanan serangan militer yang demikian itu pada 29 April 1945 dinihari,Adolf Hitler melangsungkan pernikahan dengan Eva Braun,perempuan yang sudah lama jadi pacarnya.Pernikahan itu dilangsungkan di bunker,ruang bawah tanah tempat tinggal Hitler.
Upacara pernikahan itu dilakukan dengan cara yang sangat sederhana ,dipimpin oleh seorang pegawai kantor catatan sipil dan hanya disaksikan dua orang kepercayaan Hitler yaitu Goebbels dan Martin Bormann.

Selesai upacara ,Hitler dan Eva Braun menuju ruang pribadi mereka.
Sore harinya ada yang agak ganjil yang dilakukan oleh Fuhrer yang telah menjadi suami Eva Braunn itu.Ia memanggil Profesor Haase ,seorang ahli bedah yang bertugas di kilinik bunker untuk mematikan anjing kesayangannya yang bernama Blondi dengan racun.
Dua anjing lain dari kediaman Hitler juga ditembak mati dengan sepucuk pistol oleh sersan yang merawatnya.

Hal ini diperintahkan oleh Hitler tentu dengan maksud, dia tidak ingin ketiga anjing tersebut menderita apabila terjadi sesuatu nantinya.
Kemudian sekitar pukul 1.30 dinihari tanggal 30 April 1945 terjadilah saat yang mendebarkan ketika Hitler mengumpulkan sekitar 20 orang di bunkernya.Mereka terdiri dari perwira dan wanita.

Hitler muncul bersama Martin Bomann dan dengan mata yang nanar ,Orang Kuat Eropa itu menyalami satu persatu mereka yang hadir.Mereka yang hadir itu mengetahui bahwa salaman itu mengandung makna bahwa Hitler akan mengakhiri hidupnya.

Pukul 14.00 tanggal 30 April 1945 ,Hitler menerima laporan tentang situasi perang.Laporan tersebut menyatakan bahwa pasukan Uni Sovyet sudah sangat dekat ke bunker tempat tinggal sang Fuhrer.
Tidak lama kemudian semua penjaga bunker diperintahkan untuk meninggalkan kompleks kekanseliran Hitler.

Pukul 15.30 ,dari dalam bunker terdengar suara satu buah tembakan.Beberapa saat kemudian orang orang yang mendengar tembakan itu masuk kedalam kamar dan mendapati Hitler terduduk diatas dipan tempat tidur yang penuh dengan darahnya.Dia telah menembak mulutnya atau keningnya dengan sepucuk pistol.Sementara itu Eva Braun juga diatas dipan itu telah mati karena menelan racun.
Tetapi tragedi belum selesai dengan bunuh dirinya sepasang suami istri itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline