Bertha Ringer lahir pada tanggal 3 Mei 1849 di Pforzheim di Grand Duchy of Baden daerah sebelah barat daya Jerman. Dia meninggal di Ladenburg masih dekat dengan Pforzheim pada tanggal 5 Mei 1944. Lahir dengan nama lengkap Ccilie Bertha Ringer, Bertha berasal dari keluarga kaya Jerman, bersekolah di sekolah asrama Pforzheim selama 10 tahun, Bertha memiliki ketertarikan terhadap inovasi teknologi.
Bertha bertunangan pada tahun 1870 dengan karl Benz ( terkenal sebagai bapak industri mobil) dan dia segera menginvestasikan sebagian maharnya di perusahaan konstruksi besi milik Karl Benz ( Tunangannya). Dan kemudian menikah pada tahun 1872. Pasangan suami istri tersebut berkali kali gagal dalam usaha inovasi kendaraan mesin tetapi berkat mahar Bertha perusahaan mereka masih bisa berjalan.
Pada tanggal 3 Juli 1886, Benz memperkenalkan mobil Patent-Motorwagen kepada publik di Mannheim 25 kendaraan telah dibuat, Model I adalah Mobil Paten asli dan mobil pertama di dunia, lalu Model II diubah menjadi kendaraan roda empat untuk tujuan pengujian, menjadikannya satu- satunya model ini, Mobil Paten pertama yang dijual dalam produksi kecil adalah Model III. Mobil model III ini memiliki roda belakang bertenaga dengan baja bercincin dan karet padat, dengan roda depan yang dapat dikemudikan.
Test Drive pertama menguji kualitas kendaraan di alam
Bertha Benz, 39 tahun, menjadi orang pertama yang mengendarai mobil dalam jarak yang cukup jauh menempuh jarak satu arah sekitar 106 km pada tanggal 5 Agustus 1888 dengan Model III dari Mannheim ke Pforzheim bersama putranya Richard, 13 tahun, dan Eugen, 15 tahun.
Bertha berangkat dari Mannheim sekitar fajar dan mampu mengatasi semua masalah sepanjang perjalanan, dengan kemampuan teknis yang mumpuni. Bertha harus mencari ligroin, pelarut minyak bumi yang dibutuhkan mobil untuk berjalan, di apotek di Wiesloch karena tangki bahan bakar tidak ada dan karburator hanya memiliki 4,5 liter bensin. Saat itu, satu-satunya cara untuk mendapatkan bensin dan bahan bakar lainnya adalah dengan menghubungi ahli kimia. jadi stasiun bahan bakar pertama di dunia didirikan oleh ahli kimia di Wiesloch.
Dia membersihkan saluran bahan bakar yang tersumbat dengan pin topinya dan menggunakan garternya sebagai bahan isolasi. Seorang pandai besi harus membantu memperbaiki rantai Ketika rem kayu mulai rusak, Bertha mengunjungi tukang sepatu untuk memasang kulit, membuat sepasang kampas rem pertama di dunia . Sistem pendingin evaporatif digunakan untuk mendinginkan mesin, sehingga pasokan air menjadi kekhawatiran besar sepanjang perjalanan. Ketiganya menambahkan air ke persediaan mereka setiap kali mereka berhenti. Dua gigi mobil tidak cukup untuk melewati tanjakan dan Eugen serta Richard sering kali harus mendorong kendaraan ke jalan yang curam. Benz mencapai Pforzheim setelah senja, memberi tahu suaminya tentang perjalanan suksesnya melalui telegram. Dia berkendara kembali ke Mannheim beberapa hari kemudian.
Perjalanan barunya merupakan peristiwa penting dalam perkembangan teknis mobil. Pasangan perintis ini memperkenalkan beberapa perbaikan setelah pengalaman Bertha. Dia melaporkan semua yang telah terjadi selama perjalanan dan memberikan saran penting, seperti pengenalan perlengkapan tambahan untuk mendaki bukit dan kampas rem untuk meningkatkan tenaga rem. Perjalanannya menunjukkan kepada industri otomotif yang sedang berkembang bahwa test drive sangat penting bagi bisnis otomotif.
" The Best or Nothing" Mercedes-Benz
Perusahaan mobil Mercedes-Benz memiliki slogan "The Best or Nothing", yang berarti "kesempurnaan, daya tarik, dan tanggung jawab" terhadap kualitas produknya. Perusahaan ini layak memiliki slogan ini karena sejak awal berdirinya, perusahaan telah terus mengembangkan inovasi dengan menguji kualitas karyanya.
Kualitas produk, menurut Wijaya (2018, hlm. 9), adalah keseluruhan kombinasi atribut barang dan jasa berdasarkan proses pemasaran, rekayasa, produksi, dan pemeliharaan yang menjadikan barang dan jasa yang digunakan memenuhi harapan pelanggan atau konsumen. Kualitas merupakan sesuatu yang diputuskan oleh pelanggan, artinya, kualitas didasarkan pada pengalaman aktual pelanggan atau konsumen terhadap barang dan jasa yang diukur berdasarkan persyaratan atau atribut-atribut tertentu yang dapat pula subjektif berdasarkan keinginan pribadi pelanggan.