Berbagai industri, termasuk sektor keuangan, telah mengalami pergeseran besar sebagai akibat dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Di masa lalu, orang harus meluangkan waktu untuk pergi ke kantor bank atau lembaga keuangan secara langsung untuk membuka rekening, melakukan transaksi, atau mendapatkan pinjaman. Di Indonesia, mendorong inklusi keuangan sangat sulit, terutama di daerah terpencil yang sulit dijangkau karena proses yang lama dan kadang-kadang sulit ini. Namun, dengan kemajuan teknologi digital, mendapatkan layanan keuangan menjadi jauh lebih mudah, cepat, dan murah sekarang.
Tidak hanya fenomena ini yang mengubah cara orang berinteraksi dengan uang, tetapi juga menciptakan ekosistem baru yang mendukung kenyamanan, efisiensi, dan transparansi. Selain itu, pemerintah dan sektor swasta berpartisipasi secara aktif dalam memperluas infrastruktur digital dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keuangan digital. Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat di seluruh negeri menikmati manfaat layanan keuangan digital, bukan hanya penduduk kota besar. Dengan hadirnya layanan digital yang semakin luas dan canggih, akses keuangan kini menjadi kemudahan yang dapat diakses oleh semua orang. Untuk mewujudkan sistem keuangan yang lebih adil, merata, dan berkelanjutan di Indonesia, transformasi ini tidak lagi penting.
Manfaat dari layanan keuangan digital sendiri adalah keamanan yang lebih baik, pengelolaan keuangan yang lebih mudah, efisiensi waktu, transparansi dan aksesibilitas serta peningkatan literasi keuangan. Layanan keuangan digital seperti mobile banking, internet banking, dompet digital (e-wallet), dan berbagai platform fintech lainnya telah memungkinkan lebih banyak orang untuk dapat berpartisipasi dalam sistem keuangan formal.
Mobile Banking atau M-Banking
Layanan yang ditawarkan oleh bank dan juga menawarkan banyak sekali fitur untuk dapat mempermudah transaksi keuangan. Adapun fitur-fitur dalam mobile banking, diantaranya transfer antar bank,pembayaran segala kebutuhan rumah, pembayaran tagihan kartu kredit, pembayaran tiket dan travel, pembayaran pendidikan dan lain sebagainya. Contoh aplikasinya ada BRI Mobile, BNI Mobile Banking, Livin'by Mandiri dan BCA Mobile. Fungsi dari mobile banking adalah Memungkinkan nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi (mutasi rekening), menunjukkan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan nasabah (kredit dan debit) dan memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu.
Internet Banking atau E-Banking
Layanan perbankan yang berbasis teknologi dan memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan melalui internet. Layanan ini biasanya bisa diakses melalui website resmi bank ataupun aplikasi mobile banking yang disediakan oleh pihak bank. Keuntungan dari E-Banking ini adalah praktis dan fleksibel, hemat waktu dan biaya serta fitur layanan lengkap. Adapun contoh penggunaan E-Banking dalam kehidupan sehari-hari, yaitu transfer dana, pembayaran tagihan dan top-up pulsa atau e-wallet.
Dompet Digital (E-Wallet)
Suatu bentuk teknologi pembayaran yang memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan, mengirim dan menerima uang secara elektronik. E-Wallet ini biasanya terhubung dengan dengan kartu kredit, debit atau rekening bank penggunanya. E-wallet lebih aman daripada harus membawa uang tunai ataupun kartu kredit. Contoh E-wallet yang populer di Indonesia, antara lain Go-pay, Ovo, Dana, ShopeePay dan LinkAja.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan ke industri keuangan, terutama dalam hal cara orang menggunakan, mengawasi, dan memanfaatkan layanan keuangan. Sistem keuangan yang lebih modern, cepat, efisien, dan inklusif telah berkembang dari sistem konvensional yang lambat dan terbatas. Di masa lalu, akses ke layanan keuangan sangat sulit karena infrastruktur dan keterbatasan geografis, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah terpencil. Namun, dengan munculnya berbagai inovasi seperti dompet digital, internet banking, dan mobile banking, tantangan tersebut perlahan mulai teratasi.