Lihat ke Halaman Asli

KKNUM2021 SUKOREJO

Universitas Negeri Malang

Guna Memaksimalkan Potensi Sungai di Desa Sukorejo, Mahasiswa KKN UM 2021 Ciptakan Buku Konsep Alat Penjaring Sampah

Diperbarui: 23 Juli 2021   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan progress program kerja oleh salah satu anggota tim kkn um sukorejo 2021 (Dokpri)

Desa Sukorejo memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pariwisata di desa tersebut. Desa Sukorejo sendiri adalah salah satu desa di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Desa Sukorejo tediri dari tiga dusun yaitu dusun Medali, Jengglong, dan Dieng yang di aliri sungai brantas dan area persawahan yang indah.

Salah satu potensinya yaitu keindahan alam berupa sungai brantas yang luas yang dapat dijadikan sebuah tempat wisata rafting, namun terdapat beberapa kendala seperti terdapat banyak sampah yang terbawa arus di sungai brantas tersebut. Sampah ini merupakan sampah kiriman dari daerah lainnya, oleh sebab itu tim kkn um 2021 Desa Sukorejo memasukkannya ke dalam program kerja guna memaksimalkan potensi sungai tersebut.

Program kerja yang dimaksud adalah peremajaan sungai berupa penciptaan buku konsep alat penjaring sampah sungai. Buku ini dibuat dalam rangka menjelaskan lebih mendetail tentang 3 alat penjaring sampah yang sudah dibuat oleh Tim KKN UM Desa Sukorejo 2021, penjelasan lebih lengkap tentang cara kerja alat tersebut, bahan yang digunakan, kelebihan dan kekurangan, serta perkiraan rincian biaya yang dikeluarkan dalam membuat 1 alat penjaring sampah sungai tersebut. Buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak desa dalam memaksimalkan potensi sungai di desa tersebut.

(Dokpri)

(Dokpri)

(Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline