Lihat ke Halaman Asli

Membangun Interest Masyarakat dan Mahasiswa Melalui Sinergitas Kementerian Keuangan

Diperbarui: 29 Desember 2016   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Penulis : Wuljo Ortopadinata

Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang mempuyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Sebagai salah satu unit Eselon I di Kementerian Keuangan, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang keuangan negara.

Pada rapat pimpinan di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Menteri Keuangan menyampaikan arahan untuk membuka kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Mitra dalam rangka meningkatkan awareness/interest masyarakat dan mahasiswa di bidang keuangan negara. Mahasiswa merupakan sumber daya manusia masa depan yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Jadi, sangat tepat apabila Kementerian Keuangan membina kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tempat dimana mahasiswa belajar.

Keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik Negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Berdasarkan survey tahun 2014, pemahaman atau literasi masyarakat akan keuangan baru mencapai 22 persen, hal ini menandakan bahwa literasi keuangan di masyarakat masih rendah. Masih rendahnya literasi keuangan di masyarakat ini dan juga melihat potensi mahasiswa sebagai sember daya manusia masa depan, Kementerian Keuangan melalui BPPK merasa perlu memberikan edukasi tentang keuangan, khususnya keuangan negara

Edukasi yang akan dilaksanakan adalah kegiatan pendidikan melalui sinergitas berupa kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Mitra di bidang keuangan negara. Dalam kegiatan kerjasama ini, ada sekitar 11 unit vertikal BPPK yang ada di daerah yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Yogyakarta, Malang, Denpasar, manado, Makasar, Pontianak dan Balikpapan. Setiap BDK diharuskan mengkoordinasikan kerjasama dengan PTN Mitra di wilayah kerja masing-masing. Sebagai contoh, BDK Pekanbaru harus mengkoordinasikan kerjasama ini dengan Universitas Riau (UNRI), Universitas Andalas dan Universitas jambi. BPPK telah menyiapkan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) sebagai sumber pelasanaan kerjasama pendidikan dengan PTN Mitra.

Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding)menyatakan bahwa Kementerian keuangan dan PTN Mitra sepakat mengadakan kesepahaman bersama tentang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumder daya manusia di bidang pengelolaan keuangan negara. Kedua belah pihak akan mendatangani nota kesepahaman dan melaksanakan selama 3 (tiga) tahun sejak ditandatangani, nota kesepahaman ini dapat diperpanjang kembali dengan persetujuan kedua belah pihak.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman, akan dilaksanakan kuliah umum tentang pengelolaan keuangan negara. Materi yang disampaikan merupakan pengetahuan dasar tentang keuangan negara termasuk didalamnya pengenalan profil lementerian keuangan. Pengetahuan dasar keuangan negara mencakup bagaimana mekansime penyusunan APBN, sistem anggaran dan perbendaharaan negara, sistem perpajakan, bea cukai dan kekayaan negara.

Kuliah umum tentang pengelolaan keuangan negara ini merupakan awal dilaksanakannya kerjasama pendidikan dengan PTN Mitra secara resmi. Bahwa untuk tahap awal pembuatan perjanjian kerjasama dan dalam rangka meningkatkan awareness/interest mahasiswa di bidang keuangan negara, BPPK mengusulkan kerjasama mengenai penyelenggaraan mata kuliah di bidang keuangan negara (anggaran negara, perbendaharaan negara, perpajakan, kepabeanan dan cukai dan kekayaan negara), dan setelah itu dapat disertai dengan perjanjian kerjasama lain dengan ruang lingkup:

  • Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
  • Pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia melalui diklat
  • Pengkajian dan pengelolaan keuangan negara
  • Perbantuan tenaga ahli
  • Perbantuan pengembangan perguruan tinggi dan
  • Lokakarya, workshop, pelatihan, seminar

Selain menjalankan kerjasama pendidikan, BPPK mengadakan sertifikasi di bidang keuangan negara, untuk saat ini terdiri atas:

  • Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan yang dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea dan Cukai
  • Diklat Pejabat Lelang Kelas II yang dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan perimbangan Keuangan

Penyelenggaraan kerjasama pendidikan dalam bentuk perkuliahan khusus mata kuliah tematik akan dilaksanakan rutin maksimal selama 7 pertemuan dari 14 pertemuan tiap semester. Pengajar mata kuliah tematik adalah Pegawai aparatur Sipil Negara Kementerian keuangan yang merupakan pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja di lingkungan Kementerian keaungan yang memiliki kompetensi dan ditugaskan oleh pejabat yang berwenang sesuai peraturan perundang-undangan untuk mengampu, menjadi dosen tidak tetap, dan/atau mendampingi dosen reguler Fakultas PTN Mitra damalm mata kuliah tematik di bidang pengelolaan keuangan negara.

Mata kuliah tematik di bdiang pengelolaan keaungan negara adalah mata kuliah reguler atau mata kuliah khusus yang diselenggarakan Fakultas PTN Mitra dan diperkaya dengan persfektif Kementerian Keuangan melalui penugasan para pegawai ASN Kementerian Keuangan. Bahkan berikutnya akan ada pemberian kesempatan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di instansi Kementerian Keuangan di wilayah kerja BDK masing-masing kepada Mahasiswa yang mengikuti Mata Kuliah Tematik. Diharapkan ini bisa mengedukasi mahasiswa agar memahami apa itu Keuangan Negara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline