Lihat ke Halaman Asli

Mari Ketahui Beberapa Dimensi yang Ada dalam Filsafat Ilmu

Diperbarui: 17 Oktober 2019   05:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Sebelum membahas mengenai dimensi. Harus kita ketahui bahwa dimensi merupakan sudut pandang terhadap sesuatu.  Sedangkan dalam filsafat dimensi dijelaskan menjadi beberapa, antara lain:

1. Dimensi Ontologis
Dimensi itu sendiri merupakan sudut pandang mengenai sesuatu. Ontologis secara istilah berasal dari bahasa yunani onta yang artinya sesuatu yang benar-benar ada dan logos yaitu study/ilmu. Jadi, dimensi ontologis merupkan suatu sudut pandang yang mengkaji mengenai suatu hakikat yang benar-benar ada.

2. Dimensi Epistimologis
Dimensi epistimologis sering disebut sebagai theory of knowledge (Teori pengetahuan)  jadi dalam penelaahannya menjelaskan atau mengupas pengetahuan yg berdasarkan pengalaman secara mendalam.

3. Dimensi Aksiologis
Dimensi aksiologis disini merupakan teori tentang nilai nilai filsafat hubungannya erat mengkaji mengenai etika dan estetika. Dimensi aksiologis juga merupakan suatu upaya untuk mencapai suatu hakikat dan manfaat pengetahuan.

4. Rasionalisme
Rasionalisme merupakan suatu pegangan sudut pandang yang sumber utamanya adalah akal. Dalam rasionalisme menekankan bahwa sesuatu yang sifatnya rasionalis harus mendapatkan suatu hasil akhir berupa pembuktian, logika beserta analisis yang berdasarkan fakta.

5. Empirisme
Empirisme merupakan suatu pandangan yang dalam sudut pandangnya berdasarkan pengalaman manusia. Empirisme menolak adanya anggapan bahwa manusia telah membawa pengetahuan dalam dirinya sejak lahir. Adanya empirisme ini memang sangat bertolak belakang dengan rasionalisme. Pada asumsinya memang lebih mengecilkan peranan akal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline