Susu Mbok Darmi adalah sebuah brand minuman susu segar yang dirintis sejak tahun 2013 oleh Dhony Pratama, saat menjadi mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Awalnya hanya sebuah gerobak kecil di kantin kampus, kini Susu Mbok Darmi berkembang menjadi bisnis berskala nasional di bawah PT Sumoda Tama Berkah. Produk ini memiliki konsep lokalitas menawarkan minuman susu segar yang diproses secara pasteurisasi, mempertahankan nutrisi alaminya. Mengusung tagline "Sehatkan Tubuhmu dengan Susuku", brand ini sukses menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen, terutama kalangan muda.
Legalitas yang Terjamin
Susu Mbok Darmi menunjukkan keseriusan dalam aspek hukum. Dimulai sebagai usaha perorangan, yang didirikan oleh Dhony Pratama. Selain itu, produk telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, serta menjalin kerja sama dengan pihak lain melalui akta notaris.
“Semua perjanjian itu tercatat dengan baik karena kami lakukan di notaris, meskipun pihak yang diajak kerjasama memang sudah kita kenal baik."ungkap Dhony selaku pendiri usaha. Hal ini menunjukkan bahwa aspek legal dan kepercayaan konsumen telah menjadi prioritas mereka.
Produksi Modern, Cita Rasa Tradisional
Dari sisi produksi, Susu Mbok Darmi memanfaatkan bahan baku 100% dari peternak lokal dan mengolahnya dengan metode pasteurisasi suhu rendah agar gizi tetap terjaga. Dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 liter per hari dan lebih dari 100.000 cup terjual setiap bulan, sistem produksi menunjukkan efisiensi tinggi. Jaringan distribusinya juga semakin meluas dengan lebih dari 127 outlet di Jabodetabek dan Bandung.
Pemasaran dan Strategi Digital
Brand Susu Mbok Darmi ini menyasar generasi muda berusia 15-35 tahun yang peduli pada gaya hidup sehat dan produk lokal. Awalnya hanya menyasar mahasiswa, di mana outlet pertama berdiri. Strategi promosi difokuskan melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, website resmi Susu Mbok Darmi, serta kerja sama dengan layanan pesan antar makanan. Susu Mbok Darmi menyapa pelanggan mereka sebagai "Cucu si Mbok", ini memperkuat kedekatan antara usaha dan konsumen.
Bisnis Mandiri dan Tumbuh Stabil
Susu Mbok Darmi memiliki finansial yang terukur. Bisnis ini memulai usahanya dengan modal awal yang sangat minim, yakni sekitar Rp 1,4 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk keperluan pembelian bahan baku, serta perlengkapan produksi. Dengan modal yang rendah pada tahap awal, Susu Mbok Darmi memiliki omzet antara Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar per bulan setelah lima tahun berdirinya. Adanya sistem keuangan yang terukur memungkinkan bisnis Susu Mbok Darmi tetap fokus pada ekspansi dan peningkatan kualitas produk.