Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Tindakan Preventif Penyebaran Covid-19 di Wilayah RT 105 dengan Bagikan Covid-19 Starter Kit

Diperbarui: 5 Agustus 2021   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang semakin lama semakin menyebar di wilayah Palembang ini membuat masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati berkegiatan sehari-hari. Jumlah pasien positif di Palembang sendiri berjumlah 46.214 orang dan yang aktif masih berjumlah 1.933. Minimnya pengetahuan dan realisasi masyarakat tentang pencegahan penularan virus Covid-19 mulai dari informasi tentang virus Covid-19, 

cara membangun imun bagi tubuh agar masyarakat dapat menangkal rantai penyebaran virus Covid-19, hingga kegiatan yang dapat dilakukan di wilayah RT untuk mencegah sistem penularan Covid-19. Penulis dan rekan akan melakukan edukasi mengenai hidup sehat, bersih dan tentunya higienis di wilayah RT dengan cara edukasi 5M dikarenakan melihat masih banyak anak kecil dan warga yang belum menggunakan masker ketika berada di luar rumah dan akan membagikan Covid-19 starter kit seperti masker dan hand sanitizer

Kegiatan pertama yang saya lakukan bersama rekan KKN adalah dengan membagikan infografis mengenai data kasus Covid-19 di Indonesia dan Palembang. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran dari masyarakat khususnya warga RT 105 tentang penyebaran Covid-19 yang kian hari kian meningkat. Kemudian, kami memberikan kuesioner melalui google form kepada warga RT 105 yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan masyarakat terhadap Covid-19. 

Dari hasil yang di dapat dari kuesioner tersebut, warga RT 105 aware terhadap virus ini dan melakukan tindakan pencegahan dengan baik seperti mencuci tangan dengan sabun atau mengunakan hand sanitizer setelah memegang benda-benda di tempat umum, mandi dan mengganti pakaian setelah pulang dari bepergian, memakai masker bila berada di tempat umum (pasar, terminal, tempat sembahyang, dll), dan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain saat berada di luar rumah.

dokpri

dokpri

Kemudian, kegiatan kedua yang kami lakukan adalah membagikan infografis mengenai perbedaan tiap vaksin dan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum serta setelah vaksin. Materi ini dipilih karena berkaitan dengan materi-materi yang akan dibagikan di minggu-minggu mendatang. Vaksinasi adalah kegiatan yang digalakkan oleh pemerintah dan sangat penting untuk disebarluaskan agar tidak terjadi miskonsepsi mengenai vaksin.

dokpri

Kegiatan ketiga yang dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah memberikan infografis tentang protokol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kami juga membagikan infografis mengenai double masking yang benar. Kedua materi ini dijadikan poster dan ditempel di wilayah RT 105. Selanjutnya, kami melakukan edukasi tentang nutrisi tubuh dan kegunaan air purifier di masa pandemi yang dapat menghalau virus Covid-19.  Lalu, kegiatan kelima yang dilakukan adalah membagikan edukasi melalui infografis dan video interaktif yakni isolasi mandiri dan perlukan swab ulang setelah isolasi mandiri.

dokpri

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah memberikan infografis tentang long covid yang mana memang sering terjadi setelah penyintas Covid-19. Jika seseorang yang pernah terpapar Covid-19, kemudian selama lebih dari 4 sampai 5 minggu masih mengalami gejala, maka ini dapat ditandai bahwa orang tersebut mengalami long covid. Dari beberapa penelitian, wanita lebih berisiko terkena long covid. Selain itu, kelompok lanjut usia di atas 50 tahun dan orang dengan indeks massa tubuh atau obesitas juga lebih berisiko mengalami long covid. Terakhir, mahasiswa KKN memberikan kenang-kenangan berupa plakat dan menyebarkan evaluasi program melalui google form.

dokpri

Penulis : Kasih Ramadhani

Dosen Pembimbing : Karnoto, S.T,.M.T




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline